Sukabumi Update

Curhat Keluarga Pemulung di Cisolok Sukabumi, Sejak Corona Makan Sehari-hari Dari Tetangga

SUKABUMIUPDATE.com - Keadaan memprihatinkan dialami pasangan suami istri (pasutri) Andi Saputra (49 tahun) dan Tuti Mulyati (37 tahun) di Kampung Pasir Koet RT 04/07 Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Pasutri yang memiliki tiga orang anak ini tidak bisa mendapatkan uang dari pekerjaannya sebagai pemulung rongsokan atau barang bekas. Sebab, barang bekas yang dikumpulkan pasutri ini tak ada yang beli. Sang pengepul yang menjadi andalan tidak dapat mengirim barang yang dikumpulkan dari para pemulung, sebab dampak dari Corona. 

Karena tidak ada penghasilan, untuk makan sehari-hari mengadalkan pemberian tetangga.

"Pak Andi ini setiap hari kerjanya mungut paku pakai magnet, semenjak ramai virus Corona ini hasil memulungnya tidak ada yang beli karena pihak pengepul tidak bisa mengirim barang," kata Asep Nuryadin (40 tahun) tetangganya.

BACA JUGA: Keluarga Miskin Terdampak Corona di Jabar akan Diberi Bantuan Rp 500 Ribu

Asep yang iba melihat keluarga Andi ini hanya mampu membantu seadanya. "Saya bersama istri berinisiatif menyisihkan sebagian harta untuk mereka," ujar Andi.

Kondisi tersebut berawal dari kejadian istri Andi, Tuti yang sakit. Saat itu Asep dengan istri menengok dan melihat keadaan keluarga tersebut yang memprihatinkan. Dimana rumahnya tergolong tidak layak huni dan sempit, sehingga Andi harus berbagi ruangan dengan istri dan tiga orang anaknya.

"Kondisi dalam rumah mengkhawatirkan, baju berserakan dimana-mana. Saya berniat melaporkan kondisi keluarga tersebut dan berkordinasi dengan beberapa kawan termasuk ke Rumah Zakat, namun saat ini untuk bantuan terkendala dari data diri, ternyata keluarga itu tidak memiliki e- KTP hanya kartu keluarga saja," jelasnya.

BACA JUGA: Semangat Uwa Teler, Pemulung Asal Ciracap Sukabumi Pengin Rehab Rumah

"Saya berharap pemerintah bisa membantu untuk kebutuhan dan perbaikan rumahnya termasuk pembuatan e- KTP, " pungkasnya.

Kepada sukabumiupdate.com, Andi dan Tuti mengakui Pandemi Corona membuat mereka terpuruk dari sisi ekonomi. "Bapak (suami) sehari hari mendapatkan penghasilan dari mulung paku, sambil kerja serabutan tapi saat ini paku tidak ada yang nerima, semenjak ada wabah Corona," jelas tuti.

Tuti merasa beruntung memiliki tetangga seperti Asep dan istrinya yang peduli. "Untuk makan sehari-hari ada saja tetangga yang memberi, pak Asep dan istrinya sering kesini membawa makanan," lirihnya.

Andi bersama Tuti dan tiga orang anaknya ini menghuni rumah tersebut sejak tahun 2016. Menurut Tuti, rumah tersebut berdiri di atas lahan milik mertuanya atau orang tua Andi.

BACA JUGA: Wisatawan Nyampah jadi Berkah Buat Pemulung Pantai Citepus Palabuhanratu

Mengenai e-KTP, Tuti mengakui belum memilikinya karena masih dalam proses pembuatan. "Dari dulu juga sudah bikin pengajuan pembuatan e-KTP tapi saat itu blangkonya gak ada jadinya sampai sekarang belum punya," tandasnya.

Selain itu, Tuti mengaku tak ada yang datang ke rumahnya untuk mendata atau meminta KK terkait bantuan sosial bagi warga yang terdampak Covid-19.

Pantuaan sukabumiupdate.com, kondisi rumah yang dihuni Andi bersama istri dan anak-anaknya sangat memprihatinkan. Rumah tersebut berukuran sekitar 4 X 5 meter berdinding bilik bambu. Kemudian bagian atapnya memang genting namun kayu penyangganya sudah banyak yang keropos sehingga saat terjadi hujan deras selalu ada kebocoran.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI