Sukabumi Update

Ada Gempa Magnitudo 3,4 Terasa Sampai Sukabumi Sabtu Pagi, Ini Penjelasan BMKG

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa gempa kembali mengguncang Sukabumi hari ini, Sabtu (11/4/2020) sekitar pukul 07.51 WIB.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan magnitudo 3,4 berpusat di Kabupaten Lebak, Banten dan tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Getaran Kuat Tengah Malam Tadi, Warga Parungkuda Sukabumi Berhamburan Keluar Rumah

Dalam rilis BMKG, hasil analisa menunjukan bahwa episenter gempa terletak di koordinat 6.94 LS dan 106.29 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 kilometer tenggara Lebak, Banten pada kedalaman empat kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

"Tadi lumayan terasa, tapi tidak terlalu besar. Terasanya cuma sebentar," ucap Eko (32 tahun) warga Warungkiara Kabupaten Sukabumi kepada sukabumiupdate.com, melalui pesan singkat.

BACA JUGA: Penjelasan BMKG Soal Gempa Magnitudo 3,5 yang Mengguncang Sukabumi Hari Ini

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas I - II MMI, di Bayah dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Kendati demikian hingga saat ini BMKG mencatat belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI