Sukabumi Update

Hari Pertama Ramadan, Tempat Ngabuburit di Ciracap Sukabumi Sepi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah tempat yang biasa dijadikan lokasi ngabuburit di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, sepi pada hari pertama puasa Ramadan 1441 H.

Kecamatan Ciracap sejatinya memiliki banyak objek wisata yang dijadikan lokasi ngabuburit saat Ramadan diantaranya wisata alam Muara Sungai Cikarang Desa Purwasedar, Pantai Bagalbatre Ujunggenteng dan Pantai Cibuaya Pangumbahan.

Biasanya lokasi itu akan didatangi banyak orang sejak hari pertama puasa, tapi keadaannya berbeda saat ini.

BACA JUGA: Ngabuburit Sambil Naik Kuda di Pantai Citepus Istana Presiden Palabuhanratu

"Untuk Spot Bagalbatre Ujunggenteng sendiri memang sudah sepi sejak ditutup sebulan yang lalu karena dampak Pandemi Covid-19," ujar Pengelola Bagalbatre Ujunggenteng, Toto Regency Art (39 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Jumat (24/4/2020).

Menurut Toto, yang datang untuk ngabuburit hanya warga sekitar dan jumlahnya bisa dihitung dengan jari. "Jauh (apabila) dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun kemarin, warga dari berbagai pelosok Jampang banyak (berdatangan untuk) ngabuburit," pungkasnya.

BACA JUGA: Tak Terurus, Perkebunan Kelapa Asabaland Ciracap Sukabumi Lokasi Favorit Ngabuburit

Kondisi serupa juga terpantau di wisata alam Muara Sungai Cikarang di areal perkebunan kelapa Asabaland Desa Purwasedar. Tempat ini merupakan salah satu spot ngabuburit, tapi saat ini sepi dan hanya terlihat beberapa motor yang datang kemudian tidak lama pulang kembali.

"Sekarang sepi, kalaupun ada hanya selewat dan pulang lagi," kata Eman Sulaeman (45 tahun) warga Desa Purwasedar.

Menurut Eman, pada tahun lalu tempat tersebut ramai didatangi sejak hari pertama puasa Ramadan, namun keadaan berbeda terlihat pada Ramadan tahun ini. "Biasanya mulai dari pukul 15.00 WIB, setelah ashar sudah ramai, mungkin karena sekarang adanya virus Corona," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI