Sukabumi Update

Ramadan Tahun Ini di Alun-alun Palabuhanratu, Begini Penampakannya

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak pandemi Covid-19 semakin terasa. Pemandangan jauh berbeda nampak di Alun-alun Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi di bulan suci ramadan tahun ini. Situasi alun-alun, apalagi di akhir pekan yang biasanya ramai pedagang kaki lima dan permainan anak, kini sepi.

BACA JUGA: Ada Bumblebee dan Iron Man di Alun-alun Masjid Agung Palabuhanratu Sukabumi

Sekarang, yang berada di area alun-alun adalah para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Para petugas itu setiap hari berjaga, memastikan agar area Alun-alun Palabuhanratu tidak menjadi pusat berkumpul banyak orang di tengah pandemi Covid-19.

"Iya kita ada patroli gabungan setiap hari. Dimaksimalkan melakukan pemantauan orang berkerumun di tengah pendemi Corona ini," ungkap Kasat Pol PP Kabupaten Sukabumi, Acep Saepudin kepada sukabumiupdate.com, Minggu (26/4/2020).

BACA JUGA: Empat Alun-alun Dua Taman Kota di Kabupaten Sukabumi Ditutup, Disperkim: Antisipasi Covid-19

Acep mengulas, di tempat yang satu ini sebelumnya tidak pernah sepi saat bulan ramadan. Ratusan, bahkan ribuan warga kerap memadati Alun-alun Palabuhanratu sambil menunggu waktu berbuka puasa alias Ngabuburit. Tak sedikit pula yang berburu takjil sampai buka puasa bersama. Tahun ini, semua aktivitas tersebut terpaksa harus ditiadakan.

"Setiap hari kita siapkan regu sebanyak enam orang anggota Satpol PP dibantu Forkompimcam sebagai langkah memutus penyebaran virus Corona. Dan di Satpol PP sudah dibentuk gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatannya sampai selesai masa tanggap darurat bencana Covid-19," terangnya.

BACA JUGA: Cegah Wabah, Polisi Bersih-bersih Alun-alun Palabuhanratu Sukabumi

Masih kata Acep, penjagaan semacam ini juga dilakukan di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi. Bukan hanya di Alun-alun Palabuhanratu saja, tapi juga di Cicantayan, Simpang Cibatu, Lingkar Selatan dan lokasi lainnya.

"Petugas disiagakan sambil memberikan imbauan untuk tidak melakukan aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Karena itu, kami mohon kepada masyarakat untuk pengertiannya, para pedagang untuk mematuhi himbauan dan anjuran pemerintah, selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar dan melakukan buka puasa di rumah masing masing," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI