Sukabumi Update

Banjir Landa Kota Sukabumi, Belasan Rumah di Tiga Kecamatan Terendam

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang turun dari pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah di Kota Sukabumi, Minggu (10/5/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat, banjir tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Baros, Kecamatan Citamiang dan Kecamatan Cibeureum.

BACA JUGA: Banjir Rendam Jalan Baros Sukabumi, TPT Warung Ambrol

Di Kecamatan Citamiang, banjir terjadi di Jalan Pramuka Lamping, Jalan Lio Santa, daerah Cikondang di RW 08, 01 dan 02 kemudian Jalan Begeg tepatnya dekat kampus STAI Sukabumi.

Kemudian di Kecamatan Baros, banjir juga merendam Terminal di daerah Jalur atau Jalan Lingkar Selatan, Kampung Pangkalan menuju Balandongan Kelurahan Jayamekar kemudian, Kampung Babakan RT 01/05 dan Kampung Salagambong RT 02 dan RT 03 di RW 08, Kelurahan Baros. 

BACA JUGA: Terminal KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi Digenangi Air

Sedangkan di Kecamatan Cibeureum, banjir melanda daerah Limus Nunggal RT 02/08 dekat SDN Manunggal Bhakti. 

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan kejadian tersebut merendam belasan rumah, tempat ibadah dan sarana umum berupa terminal.

"Penyebab utama, selain karena curah hujan tinggi dengan intensitas yang lama juga karena ada luapan sungai serta tata drainase yang kurang bagus. Banjir ini tingginya bervariasi mulai dari 40 cm sampai dengan 80 cm," ujar Zulkarnain. 

Menurut dia, petugas saat ini masih di lapangan untuk melakukan pendataan dan inventarisir yang terdampak akibat cuaca ekstrim ini.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI