Sukabumi Update

Sungai Cikupa Cibatu Meluap, Belasan Rumah di Cisaat Sukabumi Terendam Banjir

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi pada Rabu (13/5/2020) sore mengakibatkan Sungai Cikupa yang berlokasi di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi meluap. Akibatnya belasan rumah terendam banjir.

BACA JUGA: Hujan Deras Selokan Meluap, Rumah Warga Pamuruyan Cibadak Sukabumi Kebanjiran

"Air dari hulu yang meluap, tepatnya Sungai Cikupa, dan RT 21/05 Desa Cibatu yang kebetulan posisinya di bawah, terkena luapannya," ucap salah seorang warga, Jihan Abdillah (24 tahun) kepada sukabumiupdate.com.

"Kejadiannya pukul 17.20 WIB hujan tiba-tiba deras. Padahal sebelumnya pukul 16.15 WIB cuaca panas. Air sungai naik setelah adzan magrib dan merendam sekitar 12 rumah," lanjut Jihan.

BACA JUGA: Cerita Warga Citamiang Sukabumi yang Terkena Banjir Saat Tadarus di Masjid

Ia menjelaskan, faktor penyebab dari banjir yang menerjang wilayahnya tersebut, diduga karena debit air dari hulu Sungai Cikupa yang tinggi akibat curah hujan yang deras. Selain itu, dimungkinkan juga karena aluran irigasi yang tidak normal.

"Entah mampet atau apa. Sampai saat ini pukul 20.24 WIB air mulai surut. Posisi hulu Sungai Cikupa ada di sebelah utara dan posisi RT 21/05 itu dekat dengan curug Sungai Cikupa. Banjirnya sekitar setinggi lutut orang dewasa rata-rata, soalnya bervariasi ketinggiannya tergantung lokasi rumahnya," jelas Jihan.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI