Sukabumi Update

Pulang ke Sukabumi Dalam Keadaan Sakit, Buruh Pasar Induk Jakarta Berstatus PDP

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi mendapati satu orang warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjenis kelamin laki-laki usia 50 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Pasar Induk Kramat Jati Jakarta.

"Pasien dalam keadaan sakit pulang dari Pasar Induk Jakarta, menggunakan kendaraan umum, dijemput istrinya dibawa ke rumah mertuanya di Kecamatan Jampang Kulon, Jumat 8 Mei 2020 kemarin sekitar pukul 14.00 WIB-15.00 WIB, dan menginap disana selama dua malam," kata Camat Surade, Utang Supratman kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/5/2020).

BACA JUGA: Tak Pakai Masker di Surade Sukabumi Siap-siap Push Up, Ini Contohnya

Utang memaparkan, pada Sabtu sore hingga Minggu pagi, pasien PDP tersebut sempat diinfus, lalu hari Minggu sore pulang ke rumah nya di wilayah Kecamatan Surade. Saat itu, PDP tersebut tidak ada kontak dengan tetangga.

"Kemudian hari Senin sore sekitar pukul 17.00WIB, dibawa berobat, dibonceng oleh kedua anaknya. Niat mau ke dokter namun antriannya penuh lalu dibawa ke RSUD Jampang Kulon. Selama di RSUD Jampang Kulon, sebelum masuk ruangan isolasi dan dinyatakan PDP, ada kontak dengan saudaranya yang besuk, dua laki laki dan satu perempuan. Semua saudara yang kontak dengan pasien tersebut beralamat di wilayah Kecamatan Surade," bebernya.

BACA JUGA: Heboh Orang Ditangani Tim Medis Pakai APD di Surade Sukabumi, Polisi: Itu Hoax

Lanjut Utang, awalnya pasien tersebut tidak jujur bahwa ia pulang dari Jakarta. "Dia selama ini bekerja buruh kuli pikul di Pasar Induk Jakarta. Saat pulang dia kondisinya sakit panas, namun tidak terus terang kalau pulang dari zona merah," jelasnya.

Sejurus kemudian, masih kata Utang, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Surade berkordinasi dengan Pemdes Wanasari memasang plang di rumah keluarga PDP tersebut untuk pengawasan karena keluarga tersebut sedang melakukan isolasi mandiri.

"Kami mengantisipasi dengan melakukan tracing PDP reaktif kepada keluarga dengan memasang plang, demi kebaikan untuk pengawasan. Sementara PDP yang bersangkutan sedang dalam perawatan RSUD Jampang Kulon sambil menunggu hasil Swab," tandas Utang.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI