Sukabumi Update

Insiden di Karang Dulang Sukabumi, Pemancing Masuk Kawasan SM Cikepuh Tanpa Izin

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga orang pemancing yang terjebak di Karang Dulang, Pantai Citereum, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berhasil dievakuasi tim Search And Rescue (SAR) gabungan, Selasa (26/5/2020) pukul 13.00 WIB. 

Tiga pemancing tersebut yaitu Zaenal Mutakin (17 tahun) warga Desa Nagraksari Jampang Kulon, Erik (41 tahun) warga Sirnasari Surade, dan Nanang (23 tahun) warga Wanasari Surade.

"Dievakuasi dengan menggunakan tali tambang. Salah satu petugas dari Sarda turun membawa tambang dan melemparkannya ke mereka," kata Polisi Hutan Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh, Iwan Setiawan, kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Penuturan Keluarga Para Pemancing yang Terjebak Gelombang Pasang di Sukabumi

Evakuasi dilakukan ketika air laut surut namun saat itu arus laut kencang sehingga evakuasi dilakukan dengan berhati-hati. Kemudian satu persatu pemancing yang terjebak menyebrang ke darat dengan memegang tali tambang sepanjang 150 meter. 

Menurut Iwan, Karang Dulang berada di kawasan SM Cikepuh blok Karang Hantu. Sehingga ketika ingin masuk harus ada izin terlebih dulu. Adapun para pemancing itu masuk tanpa izin. 

"Mereka bisa dibilang masuk tanpa izin, petugas pun disana tidak tahu sama sekali ada yang mancing karena memang jarak pos kehutanan Karang Hantu dan TKP lumayan jauh. Mereka seharusnya minta izin dan laporan, petugas sendiri tidak tahu karena mereka masuk pada sore hari menjelang magrib," terangnya.

BACA JUGA: Empat Pemancing Terjebak Gelombang Pasang di Muara Citireum Sukabumi, Satu Hilang

Sebelumnya, seorang pemancing dilaporkan hilang dan tiga orang lainnya terjebak di sebuah karang di tengah lautan tepatnya Pantai Citireum, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/5/2020) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Pemancing yang masih hilang bernama Farid Maulana (28 tahun), warga Kampung Banjarsari RT 28/02 Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Peristiwa tersebut terjadi ketika gelombang pasang terjadi. Ketika itu empat orang yang sedang memancing di atas Karang Dulang tersebut dihantam ombak besar. Tiga orang berhasil selamat dengan memegang karang dan bertahan di atas karang, satu lainnya atas nama Farid Maulana terhempas.

Sebelum insiden tersebut, empat pemancing itu memancing di sekitar Pantai Citireum pada Senin (25/5/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Lalu besok paginya, mereka cari spot memancing lainnya yaitu Karang Dulang.

BACA JUGA: Tiga Pemancing Dievakuasi Dari Karang Dulang Sukabumi, Tim Sar Cari Korban Tenggelam

Sementara itu anggota Sarda Rahmat mengatakan bahwa hari ini tim rescue akan kembali dilakukan pencarian terhadap seorang pemancing yang hilang. "Pagi ini sudah persiapan untuk melakukan pencarian kembali, menyisir disekitar pantai Citireum," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI