Sukabumi Update

Tolak No Work No Pay, Ratusan Buruh di Cicurug Sukabumi Unjuk Rasa

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan buruh pabrik garmen PT HJ Busana Indah Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik, Selasa (2/6/2020).

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Mulai Salurkan Bansos Covid-19, Serikat Buruh Tuntut Hal Ini

Salah seorang buruh berinisial FM mengatakan, aksi ini ini menyoal status libur yang hanya diberi kepada line di gedung B saja. Dan mereka meminta perusahaan membayar sebesar 50 persen dari gaji utama dibayarkan selama diliburkan. 

"Semenjak adanya penyebaran virus Corona, beberapa waktu lalu kami diliburkan selama dua bulan dan tidak dibayar (no work no pay), dan kami pahami memang keadaan perusahaan sedang menurun akibat adanya penyebaran Covid-19. Sekarang kami akan diliburkan kembali selama dua bulan hingga akhir bulan Juli mendatang. Dan saya minta itu dibayar," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Buruh PT Tang Mas Cidahu Sukabumi Demo Tuntut Upah Hingga THR

FM merasa heran kepada perusahaan yang hanya meliburkan line yang berada di gedung B saja. Di perusahaan ini, ia menuturkan, terdapat dua pusat produksi antaranya Gedung A dan Gedung B. Seharusnya perusahaan meliburkan seluruh kegiatan yang berada di dua gedung tersebut.

"Di perusahaan ini ada dua gedung, yaitu gedung A ada 15 line terus gedung B ada 12 line. Nah yang diliburkan hanya sebagian Gedung B saja diantaranya line 22 sampai line 27," cetusnya.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak perusahaan belum memberikan keterangan apapun terkait adanya aksi unjuk rasa buruh tersebut.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI