Sukabumi Update

Sungai Cihaur Meluap, Rusak Sawah dan Ancam Permukiman Warga Cimaja Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi membuat Sungai Cihaur meluap hingga merendam puluhan hektar sawah di Kampung Cimaja Girang, Desa Cimaja.

Warga Ade Rabig (50 tahun) mengatakan, hujan deras yang mulai terjadi pada pukul 15.00 WIB menyebabkan debit air sungai bertambah. Ketika pukul 17.00 WIB, sungai meluap kemudian merendam sekitar 20 hektar pesawahan di Kampung Cimaja Girang, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak. 

Air juga mendekati permukiman warga, karena ada beberapa bangunan dekat sawah yang terendam.

BACA JUGA: Hujan Deras Selokan Meluap, Rumah Warga Pamuruyan Cibadak Sukabumi Kebanjiran

"Area pesawahan dekat kantor Desa Cimaja. (Yang terendam) sekitar 20 hektar (sawah) baru masa panen. Sebagian sudah dipanen habis terbawa banjir," ujarnya kepada sukabumiupdate.com melalui sambungan selular, Senin (8/6/2020).

Dijelaskan Ade, sungai meluap juga diakibatkan karena kondisi sungai yang sudah dangkal, untuk itu warga sekitar melalui kepala desa berharap ada pengerukan terhadap sungai tersebut. Tak hanya sawah yang rusak, benih ikan yang ditanam di sawah juga yang di kolam juga habis terbawa banjir. 

BACA JUGA: Sungai Cikupa Cibatu Meluap, Belasan Rumah di Cisaat Sukabumi Terendam Banjir

"Tinggi air memasuki pesawahan sekitar 2 meter. 500 liter benih ikan yang ditanam di sawah yang habis panen dan kolam ikan warga juga habis terbawa banjir," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian dan hingga saat ini sekitar pukul 18.30 WIB kondisi sungai masih meluap." Mudah-mudahan cepat air segera surut," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI