Sukabumi Update

Ini Kerusakan Lahan Pertanian dan Kolam Ikan Setelah Diterjang Banjir Sungai Cihaur Cikakak Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan hektare sawah rusak dan ribuan bibit ikan di kolam berhamburan pasca luapan Sungai Cihaur, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/6/2020) sore pukul 17.00 WIB. 

Pantauan Selasa (9/6/2020) pagi, warga mulai turun membersihkan sawah yang dipenuhi lumpur dan kerikil serta ceceran sampah. Beberapa warga membawa lamit atau jaring untuk mencari bibit ikan yang masih tersisa lantaran berhamburan akibat banjir.

BACA JUGA: Pendangkalan Jadi Pemicu Sungai Cihaur di Cimaja Sukabumi Meluap

"Iya sejak tadi sejak jam 6 pagi warga sudah berdatangan ke sawah untuk mengambil ikan yang tidak terbawa banjir, baik di sawah atau pun di saluran irigasi dan sungai. Ada yang pakai lamit atau serokan ikan," ujar Ugan Sugandi (51 tahun) warga setempat kepada sukabumiupdate.com.

"Hampir semua ikan yang baru ditebar di kolam habis. Hari ini warga berusaha mengambil sisa-sisa ikan yang masih ada," sambungnya.

Sementara itu warga lainnya, Sahrul (34 tahun) mengatakan, warga mencari sisa ikan yang masih ada hanya untuk dikonsumsi, karena tidak memungkinkan untuk di budidayakan kembali.

"Ya hanya untuk konsumsi aja, soalnya tempatnya hancur kalau ditanam lagi," singkatnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI