Sukabumi Update

Penjelasan Kenapa Batu Bara yang Diangkut Tongkang di Perairan Palabuhanratu Berasap

SUKABUMIUPDATE.com - Tongkang pengangkut batu bara yang mengeluarkan asap di perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diketahui milik PT Wasaka Sudarma Putera, perusahaan rekanan dari PLTU Palabuhanratu. 

Selama dua hari berturut-turut, pada Jumat (3/7/2020) dan Sabtu (4/7/2020), tongkang pengangkut batu bara yang akan masuk ke PLTU Palabuhanratu ini mengeluarkan asap pekat. 

BACA JUGA: Tongkang Batu Bara Kembali Keluarkan Asap di Perairan Palabuhanratu, Warga Protes Bau

Agen Kapal Tongkang PT Wasaka Sudarma Putera Trico Noviandi, mengatakan bara api yang muncul dari muatan di tongkang itu diakibatkan terjadinya gesekan antara batu bara ditambah cuaca panas. 

Pihak PT Wasaka Sudarma Putera, tak diam dengan kejadian ini karena sudah melakukan upaya langkah pemadaman dengan menerjunkan petugas dibantu pihak kepolisian. "Langkah kita sudah melakukan treatment sampai dengan cargo padam dan petugas dari kapal stand by 24 jam untuk penanganan kepulan asap itu," jelas Trico.

BACA JUGA: Tongkang Pengangkut Batu Bara Keluarkan Asap di Perairan Palabuhanratu

"Kita juga sudah koordinasi dengan pihak PLTU Palabuhanratu agar batu bara dari kapal tongkang yang terbakar dan menimbulkan asap segera disandarkan," terangnya. 

Batu bara yang terbakar dari kapal cargo tersebut diakuinya memang menimbulkan asap namun sejauh ini belum ada dampak langsung kepada masyarakat. Sebab saat ada kepulan asap, petugas langsung melakukan pemadaman. 

"Sejauh ini masyarakat sekitar tidak ada masalah karena setiap mulai berasap langsung kita padamkan, sekali lagi kita petugas dari kapal stand by 24 jam," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI