Sukabumi Update

31 Menit Berselang Dari Rangkasbitung, Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo

SUKABUMIUPDATE.com – Sejak pagi tadi, penduduk yang tinggal di pulau Jawa terus menerus merasakan guncangan gempa. Hanya berselang 31 menit dari gempa di Rangkabitung Banten, atau sekira enam jam dari gempa di luat utara Jepara, gempa dengan kekuatan diatas lima magnitudo kembali terjadi, kali ini perairan selatan Pangandaran Jawa Barat.

Dilansir dari website gempa terkini BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), gempa dengan magnitudo 5.0,terjadi di 260 kilometer barat daya Garut Jawa Barat,  atau 9.51 LS 107.39 BT pada pukul 12:17:51 WIB. Episentrum gempa berada di perairan selatan Pangandaran dengan kedalaman 10 kilometer.

BACA JUGA: Gempa Lagi Goyang Sukabumi, Episentrumnya di Rangkasbitung Banten Kekuatan 5.4 Magnitudo

Gempa ini dirasakan sebagain besar warga pesisir selatan Jawa Barat termasuk Sukabumi. “Ada dua gempa, yang pertama besar (merujuk ke gempa Rangkasbitung), kira-kira setengah jam kemudian agak kecil (gempa pangandaran),” jelas Ragil resporter sukabumiupdate.com yang tengah berkegiatan di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

31 menit sebelumnya, pukul 11.44.14 WIB gempa denga magnitudo 5.4 terjadi pada koordinat 6.69 Lintang Selatan - 106.14 Bujur Timur. Epsentrumnya berada 18 km Barat Daya Rangkasbitung, Provinsi Banten, BMKG juga menyatakan gempa dengan kedalaman 82 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Warga Sukabumi Rasakan Goyangan Gempa Jepara, Ini Kata BMKG

Gempa yang terjadi di Rangkasbitung ini merupakan yang kedua kalinya terasa di Sukabumi pada hari ini Selasa (7/7/2020). Selasa pagi tepatnya pukul 05.54.44 WIB, gempa berkekuatan magnitudo 6.1 mengguncang sebagian besar tanah jawa, gempa ini terjadi terjadi di Laut Jawa utara Jepara.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI