Sukabumi Update

Berbondong-bondong Warga Pesisir Turun ke Pantai Muara Citepus Sukabumi Demi Ikan Impun

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan yang satu ini tidak muncul setiap saat. Maka ketika ada, warga di daerah pesisir Palabuhanratu akan berbondong-bondong berburu ikan impun di Pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. 

Ikan impun, kata warga, sudah muncul dua hari yang lalu namun pada Kamis (16/7/2020), jumlahnya semakin banyak. Warga memburu ikan impun sejak Kamis subuh kemudian dilanjutkan pada Kamis petang. 

BACA JUGA: Ada Cerita Menarik di Balik Panen Ikan Impun di Palabuhanratu, Yuk Simak

"Kan munculnya dua hari lalu. Nah ikan impun ini adanya pagi dan sore, makanya masyarakat sini dari pagi sudah ada pada nunggu," ujar Azmi Rudin Salam, (34 tahun) warga Citepus. 

Ikan teri nasi, sebutan lain untuk ikan impun biasanya muncul setiap tanggal 25 setiap bulan Hijriah. Namun akhir-akhir ini kemunculnnya tak menentu.

BACA JUGA: Berburu Ikan Impun di Muara Sungai Cisukawayana Sukabumi

Sementara itu warga lainnya, Solih (52 tahun) menambahkan rata-rata hasil tangkapan ikan impun tersebut hanya untuk konsumsi. Namun tidak sedikit juga  masyarakat menjual ikan tersebut kepada pengunjung atau wisatawan yang melihat dilokasi. 

"Buat konsumsi rata-rata, ya kalau dapat banyak kita jual per kilogram seharga Rp 60 ribu, kalau satu gelas bekas minuman Rp 15 ribu," katanya. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI