Sukabumi Update

Kebakaran Landa Pabrik Mebel di Cikembar Sukabumi 

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda sebuah pabrik mebel di Kampung Cibarengkok RT 02/01, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/7/2020) malam.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran pabrik mebel tersebut. Warga menyatakan, saat itu sekitar pukul 19.43 WIB, api sudah berkobar melalap pabrik mebel tersebut. 

BACA JUGA: Kebakaran Pabrik Kayu di Cikembar Sukabumi Diduga Akibat Blower

"Pabrik mebel yang membuat barang seperti lemari dan kursi. Saat itu, saya sedang berada di rumah saudara, posisi rumah saudara itu ke tempat kejadian deket," ujar Erna (37 tahun) warga.

Menurut dia, warga kemudian mencoba memadamkan api dengan alat seadanya dan kemudian datang damkar. Kebetulan saat itu turun hujan sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat. "Kalau sekarang sudah padam," jelasnya.

BACA JUGA: Pabrik Kayu Veneer di Cikembar Sukabumi Terbakar

Menurut Erna, pabrik mebel tersebut bukan pabrik besar melainkan masih termasuk rumahan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena aktivitas produksi biasanya hanya sampai pukul 17.00 WIB. 

Sementara itu, anggota Satpol PP Kecamatan Cikembar, Budi mengatakan, api pertama kali terlihat sekitar pukul 19.05 WIB. Menurut Budi, penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun berdasarkan pengakuan dari pemilik mebel, Bubun Bunyamin (55 tahun), api diduga berasal dari korsleting listrik.

BACA JUGA: Pabrik Kayu di Jampang Kulon Sukabumi Ludes Terbakar Gegara Puntung Rokok

"Saat kejadian banyak warga yang rumahnya dekat dengan lokasi kejadian, melihat api berasal dari atap gudang produksi pembuatan mebel," ujar Budi. 

Sedangkan saat itu, kata Budi masih ada pekerja di dalam pabrik. Saat tahu ada kebakaran para pekerja itupun keluar.

Api dapat dipadamkan setelah empat unit mobil damkar milik PT GSI I Cikembar ditambah dua mobil damkar Pos Cibadak dan satu unit mobil damkar dari Pos Cisaat datang ke lokasi kejadian. "Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.50 WIB," jelasnya.

Menurut dia, kalau api tidak cepat dipadamkan, kebakaran bisa merembet ke rumah penduduk karena lokasinya dekat dengan rumah warga.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI