Sukabumi Update

Tanggul Rusak Dihantam Ombak, Ancam Bangunan Sekitar Pantai di TPI Ujung Genteng Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggul penahan ombak di Pantai Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, jebol dan sampai saat ini belum ada perbaikan. Padahal jebolnya tanggul tersebut sudah berbulan-bulan. 

Tanggul yang membatasi antara laut dan daratan tersebut berada persis di belakang bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Genteng. Kerusakannya mulai menjalar dan mengancam bangunan di sekitar pantai.  

BACA JUGA: Tanggul TPI Ujung Genteng Sukabumi Jebol Tergerus Air Laut

"Pada bagian kanan TPI ambruknya sudah hampir setahun, sedangkan bagian kiri baru enam bulan. Hal itu akibat tergerus air laut dan dihantam ombak," ujar seorang nelayan Ujung Genteng, Warno  (41 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Selasa(4/8/2020).

Menurut Warno, pada awalnya tanggul mengalami ambruk sedikit demi sedikit, namun kondisi saat ini hampir keseluruhan mengalami ambruk. "Di bagian kanan yang mengalami ambruk sepenjang 300 meter, sedangkan bagian kiri sekitar 200 meter," jelasnya.

Tanggul dengan ketinggian sekitar 2,5 meter dengan kedalaman pondasi sekitar satu meter saat ini sama sekali tidak berfungsi, bahkan air laut sudah mulai menggerus daratan di bagian kanan TPI. "Kondisi tersebut bisa mengancam bangunan, baik TPI, maupun bangunan yang lainnya," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI