Sukabumi Update

Khawatir Abrasi Meluas, Warga Citepus Palabuhanratu Perbaiki Tanggul Penahan Ombak

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di sekitar objek wisata Pantai Citepus Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi perbaiki tanggul penahan ombak yang ambruk diterjang gelombang pasang.

Perbaikan tanggul dilakukan warga dengan memasang bambu dan ditumpuk pasir yang telah dimasukan ke dalam karung. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi, juga agar kawasan wisata tak terkesan kumuh.

"Inisiatif warga sini, kita perbaiki sementara menggunakan bambu dan pasir. Menahan abrasi agar saat terjadi ombak besar lagi bisa tertahan meski sementara," ujar Nunu (52 tahun) warga sekitar saat sibuk memperbaiki tanggul, Sabtu (15/8/2020).

BACA JUGA: Tanggul Penahan Ombak Pantai Citepus Sukabumi Ambruk Dihantam Gelombang Pasang

Nunu menjelaskan, sejak pertama kali tanggul rusak terjadi Sabtu (8/8/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB, hingga kerusakan semakin parah pada Senin (10/8/2020) pagi, sampai saat ini kerusakan yang awalnya kurang lebih 10 meter sudah mencapai kurang lebih 15 meter.

"Dari kemarin yang hancurnya semakin melebar dan memanjang, karena tergerus air laut. Bahkan bale-bale milik warga sekitar yang ada di atasnya sudah terancam ambruk. Makanya kita inisiatif perbaiki sementara. Semoga saja pemerintah secepatnya memperbaiki lagi. Ini kan kawasan wisata. Kalau tidak cepat diperbaiki, habis area pantai dan tanggulnya," tandasnya.

BACA JUGA: Penjaga Pantai Siaga, Gelombang Pasang Landa Pesisir Selatan Sukabumi

Sementara itu, Supriyadi (37 tahun) warga lainnya mengatakan perbaikan dilakukan oleh warga sekitar yang memiliki warung dan bale-bale. Hal itu juga dilakukan agar tidak membahayakan para pengunjung yang akan melintas atau berlibur.

"Kan kalau enggak diperbaiki, bahaya juga, soalnya banyak pengunjung atau wisatawan lewat sini. Mudah-mudahan pemerintah sesegera mungkin memperbaiki lagi," singkatnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI