Sukabumi Update

Viral Ikan Kecil Berhamburan Lompat dari Air di Palabuhanratu, Warga Sebut Dikejar Pemangsa

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di Pantai Batu Bintang, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dihebohkan dengan kemunculan banyaknya ikan kecil di sekitar batu pemecah ombak dermaga PLTU Palabuhanratu.

Kejadian tersebut terekam dalam sebuah video yang kemudian diposting oleh akun bernama Nendy Reza Arsyil di grup Facebook. Nampak dalam video tersebut ikan kecil itu berhamburan lompat dari air ke beton pemecah ombak.

BACA JUGA: Harga Ikan Laut Naik di TPI Palabuhanratu Sukabumi, Cek Harganya

Warga pun langsung menangkap ikan tersebut. Belakangan diketahui kalau kejadian itu terjadi pada Sabtu (15/8/2020) sore.

Lokasi ikan kecil berhamburan lompat dari air di Pantai Batu Bintang tepatnya di sekitar batu pemecah ombak dermaga PLTU Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Warga sekitar Akbar Anggiwira (30 tahun) mengatakan kemunculan banyak ikan kecil seperti dalam video yang viral itu merupakan hal biasa terjadi di laut dan di sekitar pantai menjelang sore. Menurut dia, fenomena itu terjadi karena ikan-ikan itu sedang mencari makan kemudian ada pemangsa. 

"Kalau istilah nelayan ikan itu sedang mangkat atau bergerombol satu jenis sedang mencari makan, nah biasanya ikan tiba-tiba berhamburan saat ada pemangsa, itu biasa terjadi di sekitar pantai," ujarnya.

BACA JUGA: Libur Idul Adha, Ini Daftar Harga Ikan Laut di TPI Palabuhanratu

Namun, kata Akbar, yang terjadi kemarin sangat langka. Sebab ikan berhamburan dan lompat dari air ke darat.

"Untuk yang kejadian kemarin sore baru lihat, sampai kedaratlah beterbangannya. Kalau ikan mangkat biasanya semua titik Pantai Cipatuguran ada tapi hanya dipermukaan ombak bahkan kalau kebetulan lihat bisa sampai ke Pantai Rawakalong," jelasnya.

BACA JUGA: Diburu di Pantai Citepus Palabuhanratu, Harga Ikan Impun Ternyata Lumayan Juga

Ikan kecil yang berhamburan lompat dari air itu jenis ikan tembang dan makanannya ikan yang lebih kecil seperti impun. Menurut dia, beberapa hari terakhir sekitar muara Sungai Cimandiri sedang banyak ikan impun.

"Anak ikan tembang itu sedang mencari makan bisa saja tiba-tiba ketakukan karena ada ikan tongkol atau lainya yang lebih besar maka berhamburan gitu," terangnya. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI