Sukabumi Update

Gempa Darat Magnitudo 2.7 di Nyalindung Sukabumi, Terasa?

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo 2.7 terjadi di kawasan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/9/2020) malam pukul 20.42 WIB.

Laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episenter gempa bumi tektonik ini berada pada koordinat 7.08 LS dan 106.95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 kilometer tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 10 kilometer. 

Dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

BACA JUGA: Gempa 2.5 Magnitudo Guncang Nyalindung Sukabumi, BMKG: Sesar Lokal

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Kecamatan Nyalindung dengan Skala Intensitas II - III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut, serta tak ada gempa susulan.

Pegiat komunitas sosial Probumi Nyalindung, Asep Has mengaku tak merasan guncangan gempa. "Belum ada info gempa terasa di Nyalindung," singkatnya kepada sukabumiupdate.com via pesan singkat.

Sementara itu, Gumelar Nandarsyah (24 tahun) warga Kampung Kudang 1, Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, menyebut gempa sempat terasa namun kecil. "Ada, kerasa, tapi kecil gempanya. Cuma beberapa detik," kata Gumelar.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI