Sukabumi Update

Kasus Positif Covid-19 Pertama di Kalibunder Sukabumi, Tenaga Pendidik Hasil Swab Masif

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Kalibunder, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi saat ini tengah menjalani isolasi di RSUD Jampang Kulon.

Warga yang berjenis kelamin laki-laki usia 52 tahun tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab masif tenaga pendidik yang dilaksanakan di RSUD Palabuhanratu, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Update 16/9: Enam Kasus Baru di Kabupaten Sukabumi, Kematian Pasien Covid-19 Meningkat

Camat Kalibunder, Chaerul Ichwan menjelaskan, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kalibunder menerima hasil swab masif atau swab massal pada Senin (14/9/2020) para tenaga pendidik di Kecamatan Kalibunder dan hasilnya satu orang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Keesokan harinya, Gugus Tugas, Forkopimcam Kalibunder, Puskesmas Kalibunder, Pemdes Kalibunder mengadakan briefing untuk tindakan selanjutnya. Kami menyepakati yang bersangkutan mendapat perawatan lebih lanjut," kata Chaerul kepada sukabumiupdate.com, Rabu (16/9/2020).

Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi dan BLUD RSUD Jampang Kulon, sehingga tenaga pengajar tersebut bisa menjalani isolasi.

BACA JUGA: Tukang Kacang Rebus Asal Kalibunder Sukabumi Meninggal Dunia Saat Diisolasi

"Yang bersangkutan sangat kooperatif. Dibawa menggunakan ambulans Puskesmas Kalibunder dengan tim medis lengkap APD level 3," tuturnya.

Masih kata Chaerul, unsur Forkofimcam Kalibunder, Puskesmas Kalibunder dan Pemdes Kalibunder sudah melakukan tracing dan melakukan rapid test kepada kontak erat, terutama keluarganya (istri dan dua orang anak).

"Kami prioritaskan rapid test kontak erat, terutama keluarganya, dan hasilnya non-reaktif. Tadi juga dilakukan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan di rumah yang bersangkutan dan lingkungan sekitar. Warga Kalibunder kami imbau juga agar mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI