Sukabumi Update

Lima Desa di Cidahu Sukabumi Juga Diterjang Banjir Bandang, Ada Warga Disengat Kelabang

SUKABUMIUPDATE.com – Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi juga melaporkan kejadian bencna banjir bandang pada Senin petang (21/9/2020). Sejumlah pemukiman dan fasilitas umum di lima desa dilaporkan rusak akibat terjangan banjir bandang luapan aliran sungai.

Dalam update laporan sementara P2BK (Petugas Penanggulanga Bencana Kecamatan) Cidahu, banjir bandang ini terjadi melanda Desa Babakanpari, Desa Pondokkaso Tonggoh, Desa Pondokkaso Tengah, Desa Jayabakti dan Desa Cidahu. 

BACA JUGA: Banjir Bandang Juga Terjang Kampung Bantar Parungkuda Sukabumi, Lima Warga Dirawat

Di Desa Babapakpari di laporkan, 4 unit rumah warga Kampung Pasir Dalem 01/01 disapu banjir. Seorang warga setempat terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat karena tersengat kelabang saat banjir berlangsung.

Lokasi selanjutnya, Desa Pondokkaso Tengah. Dilaporkan jembatan penyebarangan motor rusak berat terbawa arus sungai di Kamping Bantar Rt.05/01 (perbatasan dengan Desa Kompa Parungkuda), sepanjang 12 meter; jembatan sepanjang 12 meter lebar 1 meter rusak berat terbawa arus sungai di Kampung Tapos Rt.03/02; dan 9 rumah warga di sejumlah kampung terkena dampak luapan sungai Cibojong.

BACA JUGA: Banjir Bandang Cicurug Sukabumi, 2 Orang Hilang 8 Luka, 97 Rumah Rusak

Lokasi ketiga jembatan rusak di RT 19 Desa Pondokkaso Tonggoh. Selanjutnya di Desa Jayabakti dilaporkan jembatan terputus dan 2 rumah milik warga akibat luapan air sungai cibojong.

Sementara dampak banjir bandang di Desa Cidahu adalah dapur rumah jebol di Kampung Panagan Rt 05/04. TPT (Tembok penahan tanah) saluran irigasi dan gazibu di Kampung Ciherang Rt 07/02 jebol dan rusak. Jembatan penghubung Desa Cidahu dan Desa Jayabakti ( jalan Ciloa - Manglid ) di Kampung Ciloa Rt 06/01 rusak berat, bawah jembatan tergerus air rawan ambrol.

“Sejauh ini P2BK Cidahu, pemerintah desa terdampak dan pihak kecamatan masih melakukan asesment ke lokasi kejadian. Bersama Babinda, `Babinkamtibmas, Satpol PP, Tagana dan TRC Sosial,” tulis P2BK Cidahu Rizki Waluyan dalam laporan sementaranya yang diterima redaksi sukabumiupdate.com, Senin malam.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI