Sukabumi Update

Heboh Warga Panen Ikan Mati, Ada Apa di Sungai Cimandiri Sukabumi?

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam dua hari terakhir, warga Kampung Cipicung tengah, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi dihebohkan dengan penemuan banyaknya ikan di pinggir aliran Sungai Cimandiri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian penemuan banyaknya ikan mati di pinggir Sungai Cimandiri itu berlangsung sejak Selasa (22/9/2020) sekira pukul 09.00 WIB, saat warga akan berangkat ke kebun.

"Iya kemarin, awalnya saya akan berangkat ke kebun, melihat ikan di pinggiran Sungai Cimandiri, saya turun. Dikira masih hidup, ternyata sudah mati," ujar Husen Hamid (30 tahun), warga sekitar kepada sukabumiupdate.com, Rabu (23/9/2020).

Husen selanjutnya memberitahukan hal itu kepada warga lainnya dan sontak membuat warga yang lain turut mendatangai lokasi tersebut.

BACA JUGA: Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi Ungkap Penyebab Ikan Mati di Mekarsari

Ikan mati yang ditemukan di pinggir Sungai Cimandiri Sukabumi.

"Nah kemarin itu masyarakat sekitar ramai-ramai turun ke Cimandiri menangkap ikan dan mendapat banyak. Ikan-ikan itu mati diduga keracunan," jelasnya.

"Kayanya ikan pada mati itu keracunan air limbah, karena biasanya juga gak seperti itu walaupun aliran air Sungai Cimandiri besar atau banjir," tandasnya.

Sementara itu, warga lainnya, Rudi mengatakan sejumlah warga banyak mendapat ikan mati itu. Bahkan, ada salah satu warga yang mendapat ikan sebanyak kurang lebih 10 kilogram dalam sehari kemarin.

"Dari puluhan warga yang mencari ikan, mendapat ikannya bervariasi, ada yang dapat 4 hingga 5 kilogram. Bahkan ada yang mendapat sampai 10 kilogram," timpalnya.

"Sekarang mulai berkurang gak seperti kemarin. Banyak ikannya, ada jenis gabus, menga, dan ikan-ikan kecil yang biasa hidup di sungai, seperti nila dan mujair," tukas Rudi.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI