Sukabumi Update

Tiga Titik Longsor di Pabuaran Sukabumi Masih Lumpuhkan Jalan bagi Roda Empat

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor yang terjadi pada Selasa (22/9/2020) lalu masih melumpuhkan sejumlah ruas jalan desa di Kadusunan Darmawangi, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, bagi kendaraan roda empat.

Longsor itu dipicu hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut, sehingga menyebabkan material longsor menutupi ruas jalan. Selain itu, ada pula ruas jalan yang justru mengalami longsor.

"Ada beberapa titik ruas jalan yang belum bisa dilewati kendaraan roda empat. Untuk sepeda motor sudah bisa lewat," ucap Kepala Desa Sirnasari, Bangbang Gunawan kepada sukabumiupdate.com, Senin (28/9/2020).

Selain menutup ruas jalan, material longsor itu juga menimpa area persawahan milik warga. Bangbang mencatat ada tiga titik ruas jalan yang terganggu akibat longsor tersebut. 

Ruas jalan itu berada di Kampung Cilele (tertutup material longsor), Kampung Cijambu (mengalami longsor), dan Kampung Lembur Pasir (mengalami longsor), di Kadusunan Darmawangi.

BACA JUGA: Hujan Deras di Pabuaran Sukabumi, Sawah Ambrol Akses Jalan Terputus

"Longsoran bervariasi, ada yang sepanjang 15-20 meter, ketinggian ada yang 5-15 meteran ," jelas Bangbang.

Bangbang berujar, material longsor di ruas jalan Kampung Cilele telah dibersihkan dengan cara gotong royong oleh pemerintah desa dan warga.

Sementara material longsor di Kampung Cijambu dan Lembur Pasir perlu dibersihkan menggunakan bronjong. Namun Bangbang menyebut, untuk sementara akan dicoba menggunakan bambu (taruktug) atau dipagar.

"Kedua ruas jalan tersebut memang memerlukan bronjong, namun sementara akan pakai bambu dulu. Jumat mendatang akan gotong royong kembali," ungkapnya.

"Sementara sawah-sawah milik warga, sudah mulai dibersihkan dari material longsoran. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah," terangnya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur kawasan Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi sejak Senin (21/9/2020) mengakibatkan sawah ambrol hingga menutupi akses jalan desa.

P2BK Pabuaran, Rida Agung Yogaswara dalam laporan tertulisnya menyebut, longsor terjadi di Kampung Darmawangi RT 07/010 Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI