Sukabumi Update

Longsor Sergap Ciseupan Hilir Sukabumi, Dua Rumah Hancur Termasuk Mushola

SUKABUMIUPDATE.com – Longsor menyergap pemukiman warga di Kampung Ciseupan Hilir RT 03/06 Desa Seuseupan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Senin (26/10/2020) petang sekira pukul 15.30 WIB. Hujan deras yang mengguyur Sukabumi sejak siang membuat areal persawahan yang ada diatas pemukiman longsor, menerjang sejumlah, mushola dan kendaraan warga.

Laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan longsor ini menimbulkan kerusakan cukup parah pada pemukiman dibawahya. “Data awal dari P2BK Caringin, tidak ada korban jiwa, sejulah rumah rusak berat dan 1 mushola terbawa longsor.kerugian material belum bisa dipastikan,” ungkap petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna melalui pesan singkat.

BACA JUGA: Hujan Deras, Satu Rumah di Sekarwangi Cibadak Sukabumi Roboh Timpa Rumah Lain

Rumah warga Ciseupan Hilir Caringin Sukabumi dikosongkan karena longsor, 26 Oktober 2020

“Dari pihak desa dan masyarakat telah sepakat pembersihan dan evakuasi material longsor akan dilakukan besok, Selasa. Karenakan ada retakan yang dikhawatirkan terjadi longsoran susulan. Di kawasan tersebut juga masih hujan ringan dan mendung,” pungkasnya.

Menurut warga setempat, longsoran terjadi dari areal sawah yang ada diatas pemukiman. Tebing sawah ambrol dan menerjang dua rumah yang ada dibawahnya termasuk satu bangunan mushola. “Rumah yang rusak berat milik pak Odin dan Pak Usuf,” jelas Solihin, warga setempat kepada sukabumiupdate.com, melalui pesan singkat.

Akibat kejadian ini, 4 kepala keluarga mengungsi kerumah tetangga dan kerabat terdekat. “Jadi selain rumah yang rusak parah ada sejumlah rumah disekitarnya yang harus dikosongkan karena berada di jalur longsoran,” tambah Solihin.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI