Sukabumi Update

32 Jiwa Mengungsi Sementara di Posko Darurat Longsor Ciseupan Hilir Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang lebih 32 jiwa warga Kampung Ciseupan Hilir, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi harus dievakuasi ke posko penampungan sementara hingga ke rumah kerabat terdekat pasca longsor di kawasan tersebut yang terjadi pada Senin (26/10/2020) kemarin.

Camat Caringin, Anwari mengatakan, pihak BPBD Kabupaten Sukabumi juga sudah mendirikan posko dan dapur umum di dekat Majelis Taklim At Taufik. Rencananya, posko tersebut akan didirikan selama empat hari ke depan. Selain itu, bantuan logistik juga sudah berdatangan.

"Bantuan sembako, seperti beras, mie instan, minyak goreng, sarden, gula pasir dan sebagainya sudah berdatangan. Kemudian bantuan-bantuan lainnya dari para relawan dan komunitas," kata Anwari saat dihubungi sukabumiupdate.com, Selasa (27/10/2020) malam.

BACA JUGA: Update Longsor Ciseupan Hilir Sukabumi, 12 Bangunan Rusak dan Terdampak

Hujan deras yang kembali mengguyur kawasan tersebut sejak Selasa siang tak berdampak pada bencana susulan. Anwari mengatakan, sampai hari ini masyarakat bergotong royong membersihkan sisa material longsoran, hingga membersihkan beberapa air yang tersumbat.

"Masyarakat gotong royong juga membuat buat saluran air. Gorong-gorong yang mampet karena ada batu yang menyumbat juga sudah dibersihkan. Tadi memang ada hujan, tapi tak begitu deras dan tak ada longsor susulan. Semoga saja tidak ada lagi," lanjutnya.

Penanganan selanjutnya, masih kata Anwari, unsur Muspika Caringin, pihak BPBD dan masyarakat bersepakat untuk bersama-sama merelokasi rumah warga yang terdampak dan terancam ke tempat yang lebih aman.

Dapur umum posko pengungsian sementara di lokasi pasca longsor Kampung Ciseupan Hilir, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

"Dua rumah yang rusak berat atas nama Oding dan Usup, serta tiga rumah lainnya yang terancam akan direlokasi. Dan akan dibangun ulang di tempat yang lebih aman. Pembangunan akan dibantu oleh semua pihak, termasuk dari relawan dan komunitas," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana longsor menyergap permukiman warga di Kampung Ciseupan Hilir RT 03/06 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi Senin (26/10/2020) petang sekira pukul 15.30 WIB. Sejumlah rumah rusak berat dan 1 mushola terbawa longsor.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI