Sukabumi Update

Banjir di Cidolog Sukabumi, Warga: Ketinggian Air 1 Meter

SUKABUMIUPDATE.com - Luapan Sungai Cibarengkok mengakibatkan ruas jalan penghubung Cidolog - Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terendam banjir pada Sabtu (14/11/2020). Warga menyebutkan, ketinggian air bahkan kurang lebih 1 meter.

Warga Kampung Sinarjaya RT 09/03 Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Sukarja (46 tahun) yang sedang berada di lokasi banjir mengatakan, luapan air tidak sampai ke rumah warga. Hanya merendam jalan saja kurang lebih 1 meter.

"Itu mah banjir biasa akibat aliran Sungai Cibarengkok tersumbat saat mau mengalir ke Sungai Cidolog. Desa Cipamingkis, Mekarjaya, sebagian Desa Tegalega, juga sering meluap," kata Sukarja kepada sukabumiupdate.com, Sabtu malam melalui sambungan telepon.

BACA JUGA: Sungai Cidolog Meluap Akibat Hujan Deras, Jalan di Selatan Sukabumi Tergenang Air

Ia mengatakan, kendaraan yang melintas juga sempat terhambat. Namun, dua jam berselang kemudian air diperkirakan segera kembali surut.

"Paling lama dua sampai tiga jam juga surut lagi. Ini meluap akibat hujan. Sekarang hujan sudah mulai reda, paling jam 10 malam juga sudah surut. Beda sama waktu banjir bandang tahun 2016, ini tidak terlalu besar banjirnya," tandas Sukarja.

Dihubungi terpisah, Plt Camat Cidolog, Hudin Sutardi menjelaskan, wilayah tersebut memang seringkali jadi langganan banjir. "Memang langganan banjir. Mau disodet sungainya nanti tahun 2021. Tapi banjirnya tidak pernah lama, langsung surut lagi. Belum ada laporan dampak ke masyarakat," singkatnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI