Sukabumi Update

Angka Harian Tertinggi di Sukabumi! 335 Warga Swab Test, Termasuk Karyawan Waralaba

SUKABUMIUPDATE.com – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi hari ini memanggil 335 warga untuk menjalani uji PCR. Dalam catatan satgas, ini adalah angka tertinggi harian pemanggilan warga untuk swab test selama masa pandemi covid-19 atau 10 bulan terakhir.

Juru bicara satgas covid-19 Kota Sukabumi, dr Rita Fitri menerangkan 335 warga ini akan di swab di sejumlah fasilitas kesehatan. Tersebar di 6 PKM (Puskesmas), labkesda, dan tiga rumah sakit swasta.

BACA JUGA: Update 18/11: 222 Orang Diisolasi, Kematian Pasien Positif Covid-19 Kota Sukabumi Bertambah

“Sasarannya adalah warga kategori kontak erat dalam kasus terkonfirmasi positif sebelumnya, kategori suspek, dan tenaga kesehatan (nakes) dan aparatur pemerintahan,” jelas Rita kepada awak media, Kamis (19/11/2020).

Ini dilakukan dalam upaya satgas untuk menemukan potensi penyebaran covid-19 yang pola peyebarannya sudah masuk ke fase atau tahap IV epidermologi yaitu komunitas luas. Upaya testing (rapid da swab test) dari hasil tracing da tracking akan terus digencarkan satgas covid-19 Kota Sukabumi untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19.

BACA JUGA: Karyawan Waralaba di Sukabumi Meninggal Akibat Covid-19? Ini Penjelasannya

“Saat ini testing uji PCR dua kali sebagai bagian progam 3 T dilakukan dalam dua kali dalam sepekan yaitu Senin dan Kamis,” lanjut Rita.

Dari 335 warga yang akan di swab test ini, menurut Rita 8 diantaranya adalah karyawan salah satu waralaba makanan cepat saji yang masuk kategori kontat erat dari kasus positif covid-19 sebelumnya. “Kontak erat ini banyak termasuk keluarga dan unsur warga lainnya dari pasien terkonfirmasi positif sebelumnya,” sambung Rita.

BACA JUGA: 80 Pegawai Pemkot Sukabumi Terpapar Corona, 20 Orang Masih Diisolasi

Saat ini tercatat masih ada 222 warga Kota Sukabumi yang terkonfirmasi positif covid-19 dan menjalani isolasi, baik di rumah maupun rumah sakit rujukan. Ia juga menjabarkan bahwa posisi saat ini, sejumlah rumah sakit rujukan masih memiliki fasilitas isolasi untuk perawatan pasien covid-19.

Dari 7 rumah sakit rujukan yang ada di Kota Sukabumi, jumlah pasien yang dirawat mencapai 127 orang. Mayoritas isolasi rumah sakit tanpa tek- alat pendukung seperti ventilator. “Ruang rawat ICU dengan ventilator masih penuh. Semoga cepat sembuh,” pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI