Sukabumi Update

Pemicu Gempa Dangkal Magnitudo 4.9 di pesisir Ujung Genteng Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2020) pagi. Gempa jenis tektonik itu terjadi pukul 04.07 WIB berkekuatan Magnitudo 4.9.

Berdasarkan rilis BMKG, episenter gempa terletak di laut lepas pada koordinat 7.69 LS - 106.44 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 21 kilometer. 

Hasil analisa BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

BACA JUGA: Gempa Kuat Guncang Sukabumi Pagi Ini, Warga Pesisir Berhamburan Keluar Rumah

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan hingga wilayah Tegalbuleud II-III MMI dengan guncangan seperti truk berlalu. Hingga saat ini BMKG mencatat belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut. 

Hingga pukul 05.01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Guncangan gempa juga dirasakan warga Kampung Nangkawangi RT 04/06 Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Seorang ibu rumah tangga, Nina Herlina (40 tahun) mengatakan, gempa dirasakan sebelum adzan subuh.

Peta guncangan gempa bumi magnitudo 4.9 yang mengguncang wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2020) pagi.

"Awalnya ada bunyi reket reket. Mungkin barang-barang pada bergetar. Selang beberapa detik terasa besar, terus kecil, teruz besar lagi. Baru sadar ada gempa sambil pegang anak. Gempa terasa 4 -5 detik," kata Nina.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI