Sukabumi Update

Cuaca Ekstrem Landa Sukabumi, BPBD: Menjauh dari Pohon dan Gardu Listrik

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi melakukan serangkaian persiapan mengantisipasi bencana yang dipicu cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang. 

Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengatakan, sesuai dengan perkiraan BMKG, masa musim penghujan dengan instensitas sedang dan tinggi masuk ke wilayah Kabupaten Sukabumi pada awal Desember sampai dengan Januari 2021.

BACA JUGA: Rekap Rumah Tertimpa Pohon Tumbang di Jampang Tengah Sukabumi

Dalam hal ini, Anita mengungkapkan BPBD sudah melakukan beberapa persiapan.

"Mempersiapkan personil dengan membagi zona resiko serta piket harian, kemudian persiapan alat dan fasilitas lain yang mendukung operasional, selalu memantau cuaca dan perkembangan setiap daerah atau kecamatan melalui laporan petugas penanggulangan bencana tingkat kecamatan. Lalu koordinasi lintas sektoral serta komunitas dalam memantau dan evakuasi setiap kejadian," tutur Anita. 

Untuk selanjutnya, BPBD melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik damkar, bina marga, TNI serta Polri untuk bersama-sama memantau pohon-pohon yang sudah tua dan lapuk.

BACA JUGA: Pohon Sawo Ini Melintir dan Tumbang, Dasyatnya Angin Kencang di Cisolok Sukabumi

"Pohon-pohon yang sudah tua dan lapuk untuk segera diantisipasi penanganannya terutama yang mengganggu arus lalulintas," kata dia.

BPBD menghimbau masyarakat hendaknya berhati-hati dan waspada dalam menghadapi cuaca ekstrem sekarang ini. "Hindari keluar rumah pada saat hujan lebat disertai angin kencang, menjauh dari pohon dan gardu listrik karena bisa mengancam dan membahayakan jiwa," kata Anita.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI