Sukabumi Update

Aturan Baru Unjuk Rasa di Tengah Pandemi, Mahasiswa Sukabumi Teriakan Tritura

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Sukabumi menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Adipura Kota Sukabumi, Senin (21/12/2020). Dalam aksi ini, mereka mengeluarkan tiga tuntutan rakyat atau Tritura.

Koordinator Aliansi BEM Sukabumi Ghonim Rahardian mengatakan, aksi kali ini diikuti oleh mahasiswa yang mewakili sekira 10 perguruan tinggi di Kota dan Kabupaten Sukabumi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Dalam pantauan sukabumiupdate.com, aksi ini diikuti oleh sekira 50 orang. Angka ini sesuai dengan usulan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian soal aturan baru demonstrasi, di mana maksimal jumlah massa aksi adalah 50 orang.

Dalam lembaran pernyatakan sikap yang dibawa massa aksi, Tritura tersebut setidaknya membahas tiga pokok persoalan yang tengah dihadapi saat ini, antara lain penanganan Pandemi Covid-19, kasus korupsi, hingga kasus pelanggaran hak asasi manusia.

BACA JUGA: Demo Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Sukabumi Hanya Bertemu Seorang Dewan DPR RI

Terkait penanganan Pandemi Covid-19, massa aksi ini meminta adanya perlindungan yang layak terhadap tenaga medis dan pekerja informal di setiap rumah sakit yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Kemudian terkait dengan penanganan kasus korupsi, mereka meminta Presiden Joko Widodo untuk membersihkan Kabinet Indonesia Maju dari praktik korupsi.

Mereka juga meminta Jokowi agar memberikan pertanggungjawaban moral kepada rakyat Sukabumi ihwal adanya sejumlah menteri yang terjerat kasus korupsi. Bahkan massa aksi ini meminta hukuman mati bagi koruptor bantuan sosial atau bansos di tengah kesulitan rakyat karena pandemi.

Terakhir, mereka meminta pemerintah agar menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia di Papua. Termasuk untuk merealisasikan tuntutan rakyat Papua soal kesetaraan pendidikan dan pembangunan. Mereka juga meminta pemerintah untuk menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu dan menghentikan represifitas polisi terhadap massa aksi.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI