Sukabumi Update

Pemotor Sempat Paksa Lintasi Longsor di Simpenan Sukabumi, Alat Berat Mulai Bekerja

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah kendaraan bermotor memaksa membuka jalan di atas material longsor yang menutupi akses Loji - Kiara Dua akibat bencana longsor yang terjadi pada Rabu (23/12/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Dalam beberapa foto dan potongan video yang diterima redaksi sukabumiupdate.com serta pantauan di lapangan, sekira pukul 17.00 WIB sejumlah pemotor tersebut memaksa membuka jalan dengan melintasi tumpukan material longsor berupa tanah bercampur bebatuan dan beberapa batang pohon.

Namun tidak lama berselang, seluruh pemotor diminta agar tidak melintasi jalur itu untuk sementara waktu karena akan dilakukan pengerukan material longsor oleh alat berat. Longsor ini tepatnya terjadi di Kampung Cimapag RT 18/12 Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Yayan Bastiar mengatakan, peristiwa ini merupakan longsor susulan setelah sebelumnya longsor juga terjadi di wilayah tersebut dan merusak kios buah milik warga pada Kamis (16/12/2020).

"Longsoran lebih besar dari kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini karena pemilik kios buah sedang tidak ada di luar rumah," ujar Yayan.

BACA JUGA: Longsor Susulan di Simpenan Sukabumi Nyaris Timpa Rumah, Akses Loji - Kiara Dua Lumpuh

Yayan menjelaskan, meskipun tidak ada korban jiwa akibat longsor susulan kali ini, namun material longsor tersebut menutupi bahu jalan Simpenan atau Loji - Kiara Dua, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

"Kita langsung berkoordinasi dengan unsur terkait untuk penangan selanjutnya. Ini juga dari pihak kecamatan sudah ada di lokasi melakukan penanganan, karena alat berat yang kemarin masih ada di sini jadi langsung ada upaya pembersihan material longsor," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, longsor tersebut memiliki ketebalan sekitar 5 meter dengan panjang sekitar 25 meter.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI