Sukabumi Update

Situasi Terkini Loji Sukabumi, Hati-hati! BMKG Sebut Masih Rawan Longsor

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah sempat tertutup material longsor berupa tanah dan bebatuan, ruas jalan Simpenan Loji -  Kiara Dua Kabupaten Sukabumi akhirnya kembali bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dengan sistem buka tutup.

"Kami di sini 1x24 jam, sekarang sudah 50 persen tumpukan material longsor dibersihkan dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, namun dengan sistem buka tutup," kata Danramil 2202 Palabuhanratu Kapten Inf Budi Hadi Priyadi, Kamis (24/12/2020).

Budi menjelaskan, akses jalan tersebut kembali dibuka sejak Kamis pagi sekira pukul 04.00 WIB menjelang Subuh, setelah sejak Rabu kemarin tertutup material longsor.

"Kita bersinergi TNI, Polri, BPBD, dan unsur terkait, serta masyarakat sekitar melaksanakan pembersihan puing material longsor yang ketinggiannya 5 meter dengan panjang 25 meter," jelasnya.

Meskipun sudah dapat dilalui kendaraan, namun demi kelancaran evakuasi, tim gabungan berkoordinasi dengan Polsek Simpenan agar jalur menuju Kiara Dua tersebut kembali ditutup atau dialihkan sementara untuk mempermudah proses evakuasi sisa material longsor.

BACA JUGA: Cek Pengalihan Arus Roda 4 atau Lebih Akibat Longsor di Simpenan Sukabumi

"Karena kalau gak kita tutup pekerjaan kita terhambat, mobil dan motor pengen cepat masuk sehingga alat berat nanti gak bisa bekerja," terangnya.

Budi sendiri terus melakukan imbauan dan arahan kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas jalur tersebut untuk selalu waspada dan berhati-hati, mengingat jalur Simpenan - Kiara Dua masih rawan bencana tanah longsor.

"Karena di sekeliling jalan ini tebing semuanya dan informasi dari BMKG rawan potensi longsor. Untuk itu faktor keamanan dan kenyamanan, siapapun yang ada di sini selalu diperhatikan. Termasuk warga sekitar sini kalau memang cuaca lagi ekstrem agar segera meninggalkan tempat tinggalnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman," tandasnya.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 10.20 WIB petugas gabungan TNI/Polri dan BPBD masih membersihkan material longsor diselingi dengan buka tutup kendaraan yang terlanjur lewat ke simpamg tiga Loji - Palangpang dan Kiara Dua.

Sebelumnya diberitakan, bencana longsor terjadi di Kampung Cimapag RT 18/12 Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/12/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI