Sukabumi Update

Diduga Pungli di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi, Lima Orang Diamankan Polisi

SUKABUMIUPDATE.com - Lima orang pria diamankan polisi lantaran diduga telah melakukan pungutan liar atau pungli kepada wisatawan di Jalan Simpang Tiga Loji menuju Jalur Sabuk Geopark, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Lima orang tersebut masing-masing berinisial BO (32 tahun), TO (30 tahun), AN (35 tahun), SUR (41 tahun) dan ENH (35 tahun).

"Kelima orang tersebut merupakan warga Desa Loji, Kecamatan Simpenan. Mereka saat ini masih dimintai keterangan di Mapolres Sukabumi," ujar Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/1/2021).

BACA JUGA: Tangkap 11 Pelaku Pungli Wisata di Sukabumi dengan Barang Bukti Rp 700 Ribu, Polisi: Laporkan!

AKBP Lukman menjelaskan, dari tangan kelima pria tersebut, polisi mengamankan uang total Rp 133.000 dalam pecahan Rp 5.000 sebanyak 12 lembar, Rp 2.000 sebanyak 33 lembar, Rp 1.000 sebanyak 5 lembar, uang pecahan Rp 500 sebanyak 6 koin.

"Kami menerima informasi bahwa warga merasa resah dengan aktivitas pungli di kawasan wisata. Tim patroli selanjutnya bergerak dan menemukan aktivitas yang dilakukan oleh kelima orang tersebut," jelasnya.

Ia menyebutkan, modus yang dilakukan para pelaku yakni meminta uang jasa parkir terhadap pengendara yang melintas di Simpang Tiga Loji menuju arah Jalur Sabuk Geopark atas inisiatif masing-masing.

"Mereka tidak ada selebaran retribusi atau karcis. Mengaku tidak ada paksaan pada saat permintaan uang baik untuk jumlah nominal uang ataupun kesadaran pemberi. Hasil uang pungutan tersebut nantinya dibagi-bagi ke setiap orang yang ikut bertugas di parkiran," terangnya.

BACA JUGA: Ini Modus Pelaku Pungli Kendaraan Wisatawan di Simpenan Sukabumi

Kelima orang tersebut hingga kini masih diperiksa. Polisi masih menggali apakah perbuatan kelima orang ini memenuhi unsur pidana atau tidak.

"Seluruh masyarakat mari sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing dengan menjaga nama baik Kabupaten Sukabumi. Jangan sampai mereka yang bertamu dibuat tidak nyaman dan merasa tidak aman. Kami kepolisian siap membantu ketika ada yang merasa dirugikan. Patroli kami juga bergerak setiap saat untuk memantau situasi, apalagi saat ini masih pandemi Covid-19," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI