Sukabumi Update

Disperkim Blak-blakan Soal Peran FSKSS dalam Bangun Rutilahu di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman menilai keberadaan Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) sangat membantu kinerjanya.

Bahkan, kata Dedi, Ketua FSKSS yang diketuai Yani Jatnika Marwan Hamami tak jarang mengeluarkan uang pribadi saat diperlukan. Dedi menyebut, FKSS seringkali membantu dalam hal verifikasi lapangan atas usulan pembangunan rutilahu dari desa dan kecamatan. 

"Kami melibatkan FSKSS karena Dinas Perkim kekurangan personel lapangan. Sehingga kami melibatkan FSKSS dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang merupakan kepanjangan tangan Dinas Sosial," kata Dedi di Gedung Pendopo Sukabumi, Senin (4/1/2021).

"Saya yakin betul bahwa FSKSS tidak memiliki peluang untuk menyelewengkan anggaran. Karena proses pencairan anggaran untuk rutilahu itu dari kas daerah ditransfer ke rekening panitia pelaksana rutilahu tingkat desa, selanjutnya panitia membayar kepada material yang telah ditunjuk dan disepakati oleh panitia tingkat desa," terang Dedi.

BACA JUGA: Berbuat Jahil di RTH Kabupaten Sukabumi, Awas Ada Tim Jaga Taman yang Siap Bertindak

Dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan, lanjutnya, Dinas Perkim bersama FSKSS melaksanakan monitoring dan evaluasi, kemudian FSKSS juga membantu dalam penyusunan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia tingkat kecamatan dan tingkat desa.

"Jadi kalau ada aliran dana untuk program perbaikan rutilahu langsung ke forum (FSKSS) itu salah. Bahkan Ketua FSKSS rela mengeluarkan anggaran pribadi untuk kegiatan kemanusiaan ini. Untuk progam tahun ini kita berhasil mengeksekusi rutilahu sebanyak 1.600 unit, dan itu merupakan ikhtiar kami beserta FSKSS untuk masyarakat," tandas Dedi Chardiman.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menJaga Jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI