Sukabumi Update

Lutung Masuk Rumah Warga Kiaralawang Sukabumi, Damkar: Diduga Peliharaan

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor lutung diamankan di Mako Pemadam Kebakaran (Damkar) Vilayah IV Palabuhanratu pada Minggu, 24 Januari 2021.

Lutung diterima setelah petugas jaga pada saat itu menerima laporan dari warga Kiaralawang, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 sekira pukul 20.00 WIB.

Lutung dilaporkan masuk ke perkampungan, hingga masuk rumah warga, dan dikawatirkan menyerang manusia, sehingga diamankan.

BACA JUGA: Lutung Ini Jadi "Pemandu Wisata" Menuju Puncak Angin di Pabuaran Sukabumi

Operator Damkar Wilayah IV Palabuhanratu, Nanang mengatakan, lutung saat itu sudah diamankan warga, dimasukkan ke dalam kandang besi, lalu kemudian diserahkan ke Mako Damkar.

"Warga khawatir lutung menyerang atau menggigit anak-anak, makanya diamankan. Langsung oleh anggota dievakuasi. Kemudian tadi siang diserahkan ke BKSDA Palabuhanratu," kata Nanang kepada sukabumiupdate.com, Senin (25/1/2021).

Lanjut Nanang, dari ciri-ciri dan perilaku lutung tersebut, diduga satwa dilindungi ini sempat dipelihara lalu kemudian kabur dari pemiliknya. Namun sampai sekarang belum diketahui siapa yang memelihara lutung tersebut.

BACA JUGA: Lutung yang Diserahkan Warga Jalani Perawatan di PPSC Nyalindung Sukabumi

"Soalnya kalau dari hutan asli agak garang dan beringas. Mungkin lutung peliharaan lepas dari kandangnya, langsung ke hutan, selanjutnya kembali ke permukiman warga dan masuk ke rumah salah satu warga di Kiaralawang," jelasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI