Sukabumi Update

Warga Bangun Rumah, Saung Kakek Suma di Sukabumi Dirobohkan

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kedusunan Waluran Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi akhirnya merobohkan saung bambu milik Kakek Sumadikarta ukuran 2x2 meter dan ukuran 2x 2,5 meter di Kampung Cisampih RT 01/01 Desa Pangumbahan pada Minggu (24/1/2021).

Warga akan merehab saung menjadi bangunan semi permanen agar lebih layak dijadikan tempat tinggal. Hebatnya, pembangunan dilakukan dengan swadaya masyarakat. 

Dua saung tersebut selama ini menjadi hunian Sumadikarta (58 tahun) bersama anak perempuan dan cucunya seorang laki-laki usia tiga tahun. Dua saung itu saling berdekatan, tanpa kamar tidur dan kamar mandi, berdinding bilik, beratapkan terpal. 

BACA JUGA: Kakek Hingga Cucu Huni Saung Bambu di Ciracap Sukabumi

"Alhamdulillah, berkat gotong royong semua warga, dan sumbangsih dari para dermawan, rumah semi permanen sebagai pengganti saung bambu yang selama ini ditempati keluarga Sumadikarta, sudah mencapai 85 persen," ujar tokoh masyarakat sebagai penggerak, Ratam kepada sukabumiupdate.com, Senin (25/1/2021).

Rumah semi permanen dibangun dengan panjang 8 meter dan lebar 4 meter. Kini hanya tinggal pemasangan dinding rumah. "Pengerjaan sudah dimulai pada hari Minggu kemarin, namun sebelumnya warga sudah mulai mengerjakan dan memasang kayu serta bambu untuk atap," pungkas Ratam.

Warga Kedusunan Waluran Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi bergotong royong membangun rumah Kakek Sumadikarta.

Sementara itu Kepala Dusun Waluran, Suwardi mengharapkan pembangunan bisa segera dirampungkan. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada warga secara sukarela bergotong royong membangun rumah sederhana tersebut.

"Semua ini tidak lepas dari peran serta warga. Juga banyak terima kasih kepada para dermawan yang telah memberikan rezekinya untuk pembangun rumah tersebut," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI