Sukabumi Update

Cerita Warga Simpenan Sukabumi Selamatkan Istrinya yang Tenggelam Luapan Sungai

SUKABUMIUPDATE.com - Sungai Citamiang meluap menyebabkan tiga kampung di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi kebanjiran, Senin (25/1/2021) malam. Luapan sungai itu merendam sejumlah rumah di Kampung Cinyocok, Kampung Mariuk dan yang paling terdampak adalah Kampung Citamiang. 

Di Kampung Citamiang RT 02/10 ini, luapan sungai menyebabkan garasi serta dinding pagar rumah milik Irpan Noviandi (41 tahun) jebol. Kemudian air merendam sebuah PAUD yang berada berdampingan dengan rumah Irpan. Akibatnya, 10 unit komputer di dalam PAUD tersebut rusak.

BACA JUGA: Banjir Luapan Sungai di Simpenan Sukabumi, Kondisi Terkini 15 Rumah dan PAUD Terdampak

Irpan menyatakan, saat itu dia sedang berada di masjid yang tidak jauh dari lokasi rumahnya. Namun sekitar pukul 20.30 WIB mendengar teriakan warga bahwa air sungai Citamiang meluap hingga ke Jalan Raya Simpenan - Kiaradua. Ternyata air juga sudah merendam lantai bawah rumahnya.

Irpan bergegas pergi dari masjid ke rumah kemudian menyelamatkan istrinya yang pada saat itu berada di dapur dan sempat tenggelam. Irpan masuk lewat lantai atas sebab lantai itu sejajar dengan rumah lainnya. "Alhamdulillah istri terselamatkan. Air masuk ke dalam rumah kurang lebih sekitar 3 meter, Alhamdulillah setelah dinding pagar jebol air bisa keluar lagi dan surut," sambungnya.

Kejadian meluapnya Sungai Citamiang ini baru kali ini dialaminya. "Seumur hidup saya disini dari tahun 80-an, ini baru terjadi seperti ini," imbuhnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, Irpan berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan terhadap kondisi sungai yang sempit. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI