Sukabumi Update

Material Longsoran Irigasi Cibeber di Curugkembar Sukabumi Dikeruk Secara Manual

SUKABUMIUPDATE.com - Forkopimcam Curugkembar bersama UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan pengerukan material longsoran yang menimbun saluran Irigasi Cibeber di Kampung Mekarwangi, Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/1/2021).

Camat Curugkembar Iman Sugiman menyatakan, longsor yang menimbun irigasi Cibeber itu terjadi akibat hujan pada Senin (25/1/2021) lalu. Evakuasi longsoran dilakukan sebab ketika turun hujan maka air dari irigasi ini tersumbat kemudian tumpah ke sawah dan pemukiman.

BACA JUGA: Longsor Irigasi Cipanumbangan Sukabumi, 30 Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Menurut Iman, pada tanggal Selasa (26/1/2021), dirinya bersama Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, serta pihak desa mengecek ke lokasi saluran irigasi yang mampu mengairi lahan pesawahan seluas 811 hektar di Desa Tanjungsari dan Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar. 

"Gotong royong dilakukan warga setempat, mitra cai, Muspika, PU, Kadus, perangkat desa, Kades, Danposramil, serta Pol PP turun bersama sama,dipimpin langsung saya dan kepala UPTD PU Sagaranten," ungkapnya. 

Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, Sudarno mengatakan selama pengerukan material longsoran, air dihulu ditahan dulu dan ketika selesai pengerukan maka aliran air akan dibuka lagi. Menurut dia, saluran irigasi itu akan normal kembali. "Pengerjaan hari ini, dan besok sudah selesai. Adapun evakuasi material berupa lumpur secara manual, besok juga bisa normal kembali," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI