Sukabumi Update

Reses di Ciemas Sukabumi, Andri Bicara Soal Pengelolaan Wisata yang Belum Maksimal

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PPP, Andri Hidayana, melaksanakan reses ke 1 tahun anggaran 2021. Kegiatan yang dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat ini berlangsung di Kampung Ciloa Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa (2/1/2021).

Dari kegiatan ini Andri mencatat sejumlah usulan dari masyarakat diantaranya soal penataan objek wisata Geopark Ciletuh. Kepada Andri, masyarakat juga meminta untuk membantu memulihkan kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Reses di Desa Buanajaya Sukabumi, Dennys Bicara Potensi Wisata

Hal itu sejalan dengan fokus saat ini, yaitu pemulihan ekonomi di masa pandemi. Terlebih sektor pariwisata yang menjadi unggulan di Kabupaten Sukabumi.

"Usulan prioritas berupa penataan objek wisata Geopark Ciletuh secara menyeluruh, pemulihan ekonomi di masa pandemi, mempercepat perbaikan akses infrastruktur di sektor pariwisata, pertanian serta UMKM," ucap  Andri Hidayana kepada sukabumiupdate.com.

Mengenai penataan objek wisata Geopark Ciletuh, Andri menyatakan memang harus didorong. Apalagi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark yang tengah bersiap menghadapi revalidasi.

Menurut dia, masih banyak objek wisata yang belum maksimal dikelola dan perlu penataan yang menyeluruh sehingga dampaknya bisa dirasakan. maka dari itu, penataan objek wisata Geopark Ciletuh, harus lebih didorong oleh seluruh masyarakat sekitar. 

"Termasuk pemulihan ekonomi di masa pandemi harus lebih menyeluruh, terkait peningkatan sarana dan prasarana termasuk peningkatan ekonomi masyarakat pelaku UKM," tambahnya. 

Andri menuturkan, masukan dalam reses ini akan diperjuangkan di APBD 2022. "Insya Allah semua aspirasi masyarakat akan kita masukan ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) secara online. Dan pada masa pembahasan anggaran akan kita dorong dan perjuangkan secara maksimal," jelasnya.

Menurut dia, sebagai eksekutif atau legislatif tidak bisa membangun atau merealisasikan program apapun tanpa ada perencanaan awal. " Jadi tugas kita di DPRD memasukkan semua usulan prioritas ke dalam SIPD terlebih dahulu, dan tinggal kita mengawal nya," tambahnya. 

Andri menyatakan pada reses kali ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara juga para kepala desa, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. Menurutnya, mereka begitu antusias dengan kehadiran Ketua DPRD. "Mereka bisa langsung berinteraksi dengan ketua DPRD," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI