Sukabumi Update

Pemotor Tertimpa Hingga Dirawat, Pohon Jati Putih di Ciracap Sukabumi Tuai Polemik

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan pohon jati putih yang ada di sepanjang Jalan Raya Surade - Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi menjadi polemik. Perdebatan itu muncul pasca peristiwa pemotor tertimpa pohon jati putih yang tumbang pada Senin (1/2/2021) kemarin.

Seorang pemotor, Luki Ardiansyah (37 tahun) warga Kampung Cipeundeuy, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi luka-luka hingga harus dirawat di rumah sakit setelah motor tertimpa pohon dan dadanya membentur dahan.

Camat Ciracap, Deden Sumpena mengaku akan secepatnya membentuk panitia agar polemik tersebut bisa dicari solusi terbaiknya.

BACA JUGA: Kondisi Korban Setelah Motor Dihantam Pohon Tumbang di Ciracap Sukabumi

"Ada dorongan dari masyarakat untuk menebang habis sejumlah pohon jati putih tersebut di sepanjang Jalan Raya Ujung Genteng - Surade. Tapi ada juga yang ingin mempertahankan pohon supaya jangan ditebang," kata Deden kepada sukabumiupdate.com, Selasa (2/1/2021).

Lanjut Deden, baik pihak yang ingin menebang pohon maupun yang ingin mempertahankan pohon sama-sama memiliki alasan dan argumen. Meski ia secara pribadi punya pertimbangan ekositem dan lingkungan hidup, apalagi mengingat pohon dekat dengan pesisir pantai.

"Saya sebetulnya sangat tidak setuju kalau ditebang habis. Kecuali kalau dirajang atau dipilih mana pohon yang mengancam, dan itu pun harus disertai dengan penghijauan kembali," jelas Deden.

BACA JUGA: Pohon Jati Tumbang, Timpa Dua Pemotor di Ciracap Sukabumi

Karenanya, ia membentuk panitia yang akan bermusyawarah mencari solusi terbaik. Panitia itu melibatkan tiga desa di Kecamatan Ciracap, antara lain Desa Purwasedar, Cikangkung dan Ujung Genteng.

"Selain itu panitia akan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Turut dilibatkan juga pegiat lingkungan. Kita pun akan segera berkoordinasi dengan DLH. Dari pihak PU sudah mengeluarkan rekomendasi bahwa itu bukan ranahnya," pungkas Deden.

Diberitakan sebelumnya, seorang pemotor harus dirawat di rumah sakit usai tertimpa pohon jati putih di Jalan Raya Surade - Ujung Genteng, Kampung Cikalapa, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/2/2021).

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI