Sukabumi Update

Gempa Dangkal Magnitudo 3,6! Warga Tegalbuleud Sukabumi Laporkan Getaran

SUKABUMIUPDATE.com - Warga pesisir Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, Senin (8/2/2021) melaporkan getaran gempa yang berpusat di perairan selatan Jawa Barat. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika mendeteksi gempa laut dangkal (3 kilometer) dengan kekuatan magnitudo 3,6 di perairan selatan, perbatasan Sukabumi-Cianjur (92 kilometer barat daya Kota Sukabumi).

Informasi gempa ini dikeluarkan grup media sosial yang monitoring aktivitas tektonik dunia. "Info Gempa Mag:3.6, 08-Feb-21 11:10:45 WIB, Lok:7.75 LS - 106.93 BT (92 km BaratDaya KOTA-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn: 3 Km ::BMKG," tulis grup tersebut yang diposting tanggal 8/2/2021 pukul 11.34 WIB.

Episentrum gempa jika dilihat dari aplikasi google maps, berada di selatan perairan Cianjur perbatasan dengan Kabupaten Sukabumi, khususnya wilayah Tegalbuleud. Warga Tegalbuled melaporan getaran dari gempa ini.

"Kerasa bung. Kecil hanya geberan kaca sedikit, dibawah lima detik," jelas petugas TKSK Tegalbuleud, Yudiansyah kepada sukabumiupdate.com, Senin melalui pesan singkat.

Info gempa yang dirasakan warga Tegalbuleud Sukabumi, Senin (8/2/2021)

BACA JUGA: Hari Ini, di Pesisir Selatan Jawa Barat Tiga Kali Terjadi Gempa

Tidak terjadi kepanikan warga, lanjut Yudi, karena getaran hanya dirasakan sebagian orang saja. "Saya masih memonitor dampak dari gempa ini, semoga tidak berdampak," pungkasnya.

BMKG sendiri belum mengeluarkan penjelasan resmi, namun  gempa ini berpusat di kawasan zona sesar laut selatan Jawa Barat yang selama ini sering aktif.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI