Sukabumi Update

Sampah Sebanyak 4 Gerobak Diangkut dari Selokan di Pondokkaso Sukabumi 

SUKABUMIUPDATE.com - Semangat peduli lingkungan ditunjukan warga dan para pemuda yang tergabung dalam Forum Kepemudaan (Foker) RW 01 Kampung Pondokkaso, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Mereka menggelar kerja bakti untuk membersihkan selokan sepanjang 1 kilometer, Minggu (21/2/2021). Hasilnya, sebanyak 4 gerobak sampah diangkut.

Ketua RW 01 Edi Mulyadi mengatakan kerja bakti ini dilakukan atas inisiatif warga yang prihatin dengan kejadian air meluap dari selokan ke jalan dan rumah akibat tersumbat sampah. Menurut dia, untuk pelaksanaan pembersihan selokan dilakukan cara manual agar fungsi selokan kembali normal.

Baca Juga :

Selain itu, kata Edi, kerjabakti ini sebagai upaya mengajak warga untuk sadar kebersihan lingkungan. "Tujuan seperti ini agar masyarakat di lingkungan saya sadar akan kebersihan lingkungan sehingga hidup sehat dari penyakit," singkat Edi kepada sukabumiupdate.com.

Sementara itu, Ketua Forum Kepemudaan (Foker) Asep Herdian menuturkan, kebersihkan lingkungan merupakan tanggungjawab semua orang terutama para pemuda. "kalau bukan kita pemuda siapa lagi, pergerakan pemuda sekarang menentukan kemajuan suatu wilayah. Saya pun dengan teman-teman pemuda siap melakukan pergerakan dan peduli lingkungan," ujarnya.

Asep menyatakan di dalam selokan itu ditemukan banyak sampah mulai dari kantong plastik, botol serta tempat makan styrofoam. Selain membersihkan sampah, pasir yang mengendap dalam selokan juga dikeruk. 

"Sampah plastik, botol, dan pasir yang terdapat di selokan langsung kita bersihkan kalau tidak ini akan menyebabkan tersumbatnya air dan sumber penyakit sehingga nyamuk demam berdarah pun berkembang biak. Sebelum jatuh korban [akibat penyakit] kita pun langsung bergerak," tukasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI