Sukabumi Update

Dana Desa Belum Turun, Curhat Kades Cidahu Sukabumi ke Menko PMK Soal Stunting

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memantau pelaksanaan penanganan stunting di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/2/2021).

Dalam kegiatan itu Menko PMK Muhadjir mendapat informasi bahwa dana desa untuk penanganan stunting belum turun sehingga mengandalkan dana pribadi Kepala Desa (Kades) Cidahu.

Baca Juga :

"Tadi saya kumpulkan para pendamping kemudian juga petugas PLKB, kepala desa, perangkat desa, ibu-ibu PKK, seperti apa penanganan stunting di tingkat bawah, koordinasinya seperti apa, masalahnya apa. Tadi sudah disampaikan oleh pak lurah (kades), ternyata dana desanya belum turun. Tetapi walaupun dana desa belum turun, tapi semuanya bisa ditangani melalui dana kepala desa. Nanti perhitungannya belakangan setelah dana desa sudah turun," ungkap Muhadjir.

Ketika berhadapan dengan masalah diantaranya persoalan seperti dana desa yang belum turun, Muhadjir mengungkapkan jangan menyerah karena semua dilakukan demi kebaikan. "Kita jangan menyerah kalau ada masalah-masalah yang diluar perencanaan kita, kita harus berupaya untuk menanganinya dengan baik demi kebaikan masyarakat kita," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menko Muhadjir menyatakan, angka stunting di Kecamatan Cidahu cukup rendah. 

"Yaitu hanya 3,16 persen, walaupun demikian bukan berarti kemudian yang sisanya boleh diabaikan. Oleh karena itu kita undang semua disini, bagaimana penanganannya. Tadi misalnya untuk berat badan masih sangat jauh beberapa orang, dari 13 kilogram masih kurang kira-kira 5 kilogram. Karena kita tahu bahwa stunting ini sekarang jadi prioritas pemerintah untuk kita turunkan besar-besaran. Nanti penanggung jawab utamanya dari kepala BKKBN," jelasnya.

Sementara itu Kades Cidahu Asep Saepul Parlan menyatakan, di desanya hanya ada 3 orang yang mengalami stunting. "Alhamdulillah ada penurunan untuk [angka] stunting," jelasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI