Sukabumi Update

Polisi Paparkan Kronologi Keracunan di Ciheulang Tonggoh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi langsung melakukan penanganan pasca peristiwa keracunan di Kampung Ciheulang Tonggoh, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Panit Reskrim Polsek Cibadak, Ipda Safri menjelaskan, peristiwa ini bermula saat salah satu warga menggelar acara pengajian 40 hari meninggalnya salah satu tokoh pada Sabtu, 27 Februari 2021, atau malam Minggu pukul 19.30 WIB.

"Warga banyak yang menghadiri. Pihak keluarga almarhum membuat boks berisi nasi, daging ayam rendang, bihun dan acar sebanyak 100 boks. 80 dibagikan ke warga, 20 oleh anggota keluarga," papar Safri dalam keterangan tertulis kepada sukabumiupdate.com, Senin (1/3/2021) petang.

Baca Juga :

Lanjut Ipda Safri, pada Minggu sore, 28 Februari 2021 ada warga yang mengeluh diare, mual dan muntah dan minta diantar ambulans Desa Ciheulang Tonggoh ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi. Kemudian warga tersebut oleh pihak RS dinyatakan keracunan. 

"Pada hari ini, Senin, 1 Maret 2021 ada beberapa warga mengeluh mual muntah dan BAB. Warga kemudian memeriksakan kondisi dirinya ke Poskesdes. Dari pihak Poskesdes memberikan informasi ke Puskesmas Cibadak, dan dilakukan penelusuran di wilayah RT 01/03, terdapat beberapa warga mengeluhkan gejala yang sama lalu dilakukan pengambilan sample. Dari 10 KK terdapat 32 warga dengan keluhan yang sama," imbuh Safri. 

"Pihak pemerintah desa dan kecamatan serta puskesmas melakukan penelusuran dan pemeriksaan. Rata-rata korban keracinan mengalami gejala mual muntah disertai pusing, namun keadaan umumnya baik. Temuan sementara bahan dan bumbu nasi boks yang diduga mengakibatkan keracunan itu dari olahan sendiri," pungkas Safri.

photoPuluhan warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami keracunan. 15 ambulans disiagakan. - (SU/Ardi Yakub)

Diberitakan sebelumnya, Puskesmas Cibadak mencatat korban keracunan di Kampung Ciheulang Tonggoh Sukabumi, Jawa Barat kini bertambah menjadi 51 orang.

Dari total 51 korban keracunan tersebut, 9 orang dirujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak, 3 orang dirujuk ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, 7 orang dirawat di Posko dan 32 sudah diperbolehkan pulang.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI