Sukabumi Update

Ribuan Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Simpenan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Penanaman bibit pohon mangrove program Kementerian Sosial (Kemensos) berlanjut di wilayah pesisir Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Terlibat dalam aksi ini, Dinas Sosial atau Dinsos bersama Tagana, PKH, TKSK, Pensosmas, komunitas serta dari pemerintah.

Bibit pohon mangrove itu ditanam di Pantai Talanca Muara Cimandiri, tepatnya Kampung Sidat, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

"Ini program Kementrian Sosial, awalnya dititik beratkan kepada Tagana, TKSK yang bekerjasama dengan kecamatan serta pemerintahan desa setempat," ujar Suherlan Maulana, kordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Simpenan.

Penanaman pohon Mangrove, tidak hanya dilaksanakan di sekitar Muara Cimandiri, Kecamatan Simpenan, namun sudah dilaksanakan di berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi dimulai dari Kecamatan Cisolok, Cikakak, Ciracap dan Ujung Genteng.

"Ini juga disini kegiatan yang kedua secara simbolis dengan berbagai element baik dari relawan, komunitas serta unsur pemerintah setempat," jelasnya.

Masih kata Suherlan, tujuan dari penanaman dilakukan di sekitar pesisir pantai di Kabupaten Sukabumi sebagai upaya untuk mengatasi bencana abrasi dan lainnya, tidak hanya itu Ia berharap nantinya area kawasan Mangrove tersebut bisa dijadikan tempat wisata.

 "Nanti ini ada perawatan oleh tim relawan dinas sosial kabupaten Sukabumi akan memantau, yang tumbuh dan yang tidak, akan dipantau secara berkala," terangnya.

Suherlan menegaskan kedepan, saat program tersebut berjalan maksimal dengan baik, seperti yang telah di laksanakan kementrian sosial di luar wilayah Kabupaten Sukabumi penanaman pohon Mangrove akan tambah diperluas.

 "Untuk itu kami sudah mensosialisasikan termasuk Taruna Siaga Bencana (Tagana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan juga Keluarga Penerima Manfaat bansos agar ikut memelihara tanaman ini, karena sangat besar manfaatnya mengatasi abrasi di pesisir pantai," terangnya.

Sementara itu dilansir dari situs resmi Kemensos, pemerintah semakin serius dalam menghadapi potensi ancaman gempa di zona Megathrust. Berbagai upaya mitigasi bencana pun terus dilakukan di daerah-daerah pesisir selatan pulau Jawa. Ancaman Megathrust yang diprediksi dapat menimbulkan tsunami dengan ketinggian gelombang 20 meter tersebut membuat Kementerian Sosial bersama Kementerian dan Lembaga terkait gencar melakukan penanaman mangrove.

Satu juta bibit mangrove untuk ditanam di lima provinsi yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI