Sukabumi Update

Dana Desa Hanya 20 Persen untuk Infrastruktur, Kades di Sukabumi Minta Solusi 

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi berimbas kepada pembangunan di desa karena dana desa harus di refocusing atau dialihkan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Keadaan ini terjadi disemua daerah termasuk Kabupaten Sukabumi. 

Karena refocusing ini, Kepala Desa atau kades kerap menghadapi warga yang tak paham dengan situasi seperti itu. Disisi lain kades pun ingin melaksanakan pembangunan namun anggaran dana desa untuk bidang infrastruktur nilainya kecil karena dialihkan ke BLT dan penanganan Covid-19.

Baca Juga :

"Seperti desa kami yang ada di pelosok ini memang dengan adanya Covid-19, terasa dampaknya terhadap pembangunan infrastruktur yang harus dialihkan ke BLT dan penanganan Covid-19. Terkadang bagi warga yang tidak paham, sering menimbulkan pro kontra. Antara dana untuk BLT dan anggaran pembangunan infrastruktur," ujar Kades Sirnamekar, Ajat Sudrajat kepada sukabumiupdate.com, Jumat (5/3/2021).

Sebagai Kades, dia pun meminta solusi kepada pemerintah agar pembangunan desa yang membutuhkan anggaran itu tetap bisa berjalan. Beriringan dengan penanganan covid-19 yang juga terlaksanakan. "Semoga ini ada solusi terbaik dari pemerintah karena kami pun harus membangun desa. Tahun ini hampir 80 persen untuk Covid-19 sisanya 20 persen infrastruktur, " kata Ajat.

Untuk pelaksanaan penanganan Covid-19, pemerintah desa bersama pemuda, tokoh masyarakat dan Pemuda Pancasila terus mengingatkan warga untuk tertib protokol kesehatan atau prokes. Diantaranya dengan pembagian masker.

"Kemarin dibagikan masker sekitar 400 masker dan sebelumnya juga sudah sering bagi- bagi masker," ujar Ajat.

Menurut dia, pembagian masker dilakukan di Posko PPKM, jalan prapatan Kampung Babakansirna. Adapun sampai hari ini, Ajat menyatakan belum ada kasus warga terpapar virus corona di Desa Sirnamekar.

Maka dari itu, untuk mencegah kasus Covid-19 di Desa Sirnamekar, masyarakat diminta tetap taat prokes. "Sebenarnya tinggal kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prokes. Terutama penggunaan masker saat mereka beraktivitas keluar," jelasnya. 

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI