Sukabumi Update

Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Pelaku Wisata Sebut Koneksi Internet di Ciemas Lemot

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sudah sudah begitu terkenal. Namun di Kecamatan Ciemas yang termasuk wilayah taman bumi itu, sinyal seluler lelet membuat koneksi internet lemot.

Pelaku usaha wisata salah satunya pengelola homestay di Kecamatan Ciemas, kerap kali mendapat komplain dari tamu soal koneksi internet lemot. Keadaan ini juga membuat pengelola homestay terganggu dalam melakukan promosi dan pemasaran Geopark Ciletuh Palabuhanratu. 

Baca Juga :

Ruslan Ependi (31 tahun) salah satu pemilik homestay Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas mengungkapkan, tidak sedikit para pengunjung yang datang ke kawasan  Geopark Ciletuh Palabuhanratu mengeluhkan sinyal yang lemot. "Banyak tamu yang mengeluhkan susahnya dapat sinyal 4G, walaupun ada leletnya minta ampun," ungkapnya. 

Menurutnya, kawasan  Geopark Ciletuh Palabuhanratu sudah mendapat pengakuan dunia dan masuk salah satu wisata Internasional, sudah seharusnya didukung dengan fasilitas komunikasi yang canggih. "Ada 3 provider di Kecamatan Ciemas ini yakni XL, Telkomsel dan Indosat, namun semuanya sama jelek. Di sini kawasan homestay Cimarinjung, sinyal internet hilang, dan kawasan Ciletuh sinyal 4G ada tapi tak maksimal alias lelet," terangnya.

Sementara itu, Ruslan menambahkan dengan kondisi seperti tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan karena akan kesulitan berkomunikasi. "Tamu jadi kesulitan ketika akan menggunakan media sosial mereka, seperti menghubungi keluarga dengan video call karena sinyal lemot," timpalnya.

Sebagai pengelola homestay, sinyal yang lemot berdampak promosi ataupun pemasaran homestay lewat media sosial. "Seperti mengunggah, mengirim foto maupun video promosi tempat kita masih lelet," terangnya.

"Selain lingkungan komplek homestay di kawasan Cimarinjung, Desa Ciwaru, juga kawasan Ciemas, Girimukti, Tamanjaya, sinyal internet masih jelek. Kalau telepon seluler bisa, namun jaringan internet muter-muter, " tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI