Sukabumi Update

Desa Girijaya Cidahu Sukabumi jadi Lokasi P2WKSS Tahun 2021

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terpilih menjadi lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau P2WKSS tahun 2021.

Dikutip dari siaran pers Pemkab Sukabumi, Jumat (12/3/2021), pemilihan desa tersebut mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya respon masyarakat yang sangat antusias menyambut program tersebut.

Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sukabumi Barnas Adjidin mengatakan, Desa Girijaya sebelumnya diusulkan bupati, diseleksi, kemudian ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi lokasi P2WKSS.

"Makanya, kita semua harus menyukseskan program ini," ujarnya dalam rapat koordinasi pelaksanaan P2WKSS di Pendopo Sukabumi, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga :

Barnas menilai, desa yang dijadikan lokasi program P2WKSS harus menjadi contoh bagi yang lainnya, terutama mengenai peningkatan peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan. Termasuk dalam mengubah perilaku masyarakat terkait masalah pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

"Meskipun P2WKSS ini sebuah lomba, namun bukan sekadar juaranya yang dicari, akan tetapi desa yang menjadi program P2WKSS ini harus menjadi percontohan bagi yang lain," ungkap Barnas.

Oleh karena itu, lanjut Barnas, perlu sinergitas semua pihak dalam menyukseskan program ini, utamanya dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat yaang ada di lokasi P2WKSS  bisa mendukung program ini. "Tonjolkan berbagai potensi yang ada. Wujudkan P2WKSS yang baik, dan mudah mudahan juara," ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan mengatakan, program P2WKSS tidak hanya sekadar mengubah fisik suatu desa, namun juga harus mengubah perilaku masyarakat untuk menjadi lebih baik.

photoPj Sekda Kabupaten Sukabumi Barnas Ajidin. - (Istimewa/Pemkab Sukabumi)</span

"Makanya perlu keterlibatan masyarakat agar program ini sukses dan berhasil. Apalagi P2WKSS ini merupakan program yang memberikan pendidikan kepada masyarakat. Munculkan potensi yang ada, sehingga bisa mendongkrak desa. Mudah-mudahan bisa terwujud menjadi desa mandiri," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi Aisyah menambahkan, semua aspek kehidupan harus meningkat dalam P2WKSS. "Intinya membangun desa dari segala aspek," tegasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI