Sukabumi Update

DPKUKM Mulai Digitalisasi Database Pelaku Usaha Mikro di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - DPKUKM (Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM) mulai memodernisasi data base pelaku usaha mikro di Kabupaten Sukabumi. Kedepan daftar pelaku usaha dan produknya, menjadi data digital sehingga lebih memudahkan konsumen untuk mengakses informasi tersebut.

Langkah ini dimulai dengan melatih 40 orang peserta perwakilan kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Pelatihan berlangsung di gedung Disen Cisaat Kabupaten Sukabumi Rabu (17/3/2021).

Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan Data dan Informasi DPKUKM Kabupaten Sukabumi Cicik Juliati menjelaskan bahwa untuk menyusun database UKM, aparatur desa dan kecamatan menjadi ujung tombak. "Jadi data awal pelaku usaha yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Sukabumi akan dikumpulkan oleh petugas di level desa dan kecamatan," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, usai acara.

Data tersebut tidak hanya berguna untuk level kabupaten, tapi juga sangat penting bagi pemerintah desa dan kecamatan memiliki data potensi ekonomi di wilayahnya. Validitas data akan lebih terjadi, karena petugas di desa dan kecamatan bisa terus menerus mengupdate informasi dari para pelaku usaha.

photoPelatihan digitalisasi database usaha mikro di Kabupaten Sukabumi - (RIZA)</span

"Sekretaris desa dan kecamatan tidak akan bingung lagi ditanya soal potensi ekonomi dan pelaku usaha. Lebih jauhnya data ini sangat penting bagi masyarakat," ungkap Cici.

Pola penyusunan database atau rekapan dari desa dan kecamatan ini sudah disiapkan dengan matang, baik format kementerian ataupun provinsi. Bahkan format rekapan tersebut juga mencantumkan sejumlah pertanyaan yang akan menjadi data sasaran untuk kepentingan  perangkat daerah dalam menyusun kebijakan.

Baca Juga :

Database digital memudahkan semua komponen untuk mengaksesnya, dimana setiap permasalahan dapat diketahui dengan cepat sehingga solusinya pun bisa disusun dengan sigap. Kendala atau masalah yang dihadapi oleh UKM menjadi poin penting dari database tersebut.

"Kedepannya selain untuk kepentingan pemerintahan juga untuk kepentingan masyarakat itu sendiri, karena mereka atau kita jadi tahu di mana saja pemetaan pelaku-pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI