Sukabumi Update

Pergerakan Tanah Ciherang Sukabumi Ganggu Sumber Air, Warga Mandi di Sungai

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, mengakibatkan longsoran di sebelah utara desa tersebut. Keadaan itu membawa dampak terganggunya sumber air bersih yang mengalir ke Kampung Selagombong. 

"Dampak dari material longsoran sudah dua minggu sumber air bersih di Kampung Selagombong Rt 02/03, Desa Cijangkar Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, kotor dan keruh," kata Kades Cijangkar Heri Suherlan saat dihubungi Senin (22/3/2021).

Baca Juga :

Akibat kejadian ini warga Kampung Selagombong memanfaatkan air bersih untuk kepentingan mandi, minum dan sebagainya dari aliran Sungai Ciherang. 

"Ada 29 kepala keluarga yang mengalami kesulitan air bersih, kami sedang merencanakan solusi untuk memenuhi air bersih bagi masyarakat. Beberapa diantaranya mencarikan sumber air bersih yang baru dan membuat bak penampung bisa juga tetap memanfaatkan air yang ada, namun harus membuat penyaring air hingga bersih," ujar Heri.

"Kami berharap adanya bantuan untuk membuatkan penyaringan yang lokal saja yang penting air yang mengalir bisa menjadi bersih kembali," tutur Heri.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI